MARIANANDA, A'TIATUL ISLAM (2024) ANALISIS PENGARUH UNBALANCING RODA TERHADAP GETARAN KENDARAAN DAIHATSU XENIA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
21031004-KKW-ABSTRAK.pdf Download (921kB) |
|
Text (BAB 1)
21031004-KKW-BAB_1.pdf Download (63kB) |
|
Text (BAB 2)
21031004-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
21031004-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
21031004-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
21031004-KKW-BAB_5.pdf Download (66kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
21031004-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (752kB) | Request a copy |
Abstract
Kendaraan bermotor dari tahun ke tahun jumlahnya semakin meningkat.Peningkatan jumlah kendaraan bermotor mengakibatkan bertambahnya volume kendaraan di jalan raya, hal ini dapat berpengaruh terhadap kepadatan dan kemacetan saat berkendara. Pengendara kendaraan bermotor akan menghabiskan waktu lebih lama ketika terjadi kemacetan di jalan raya.Kenyamanan dan keamanan sangat diperlukan untuk mendukung aktivitas berkendara. Salah satu upaya untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara adalah dengan mengurangi getaran pada kendaraan. Salah satu penyebab getaran pada roda yang berputar yaitu ketidakseimbangan massa pada roda mobil (unbalance). Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Pengujian dilakukan menggunakan kendaraan Daihatsu Xenia dengan menambahkan bobot timah unbalance dengan 5 variasi pemberat dan 6 skenario peletakan timah yang berbeda. Pengukuran getaran dilakukan dengan penambahan bobot timah 10 gr, 20 gr, 30 gr, 40 gr, 50 gr pada setiap skenario yang digunakan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pengaruh variasi weight unbalance dan posisi peletakan unbalance dapat memepengaruhi adanya getaran pada kendaraan Daihatsu Xenia. Penambahan bobot timah yang semakin besar mengakibatkan keseimbangan roda semakin menurun, sehingga mengakibatkan timbulnya getaran yang semakin tinggi. Posisi peletakan unbalance yang berbeda pada penelitian mengakibatkan perbedaan hasil getaran pada setiap skenarionya. Hasil pengukuran getaran tertinggi didominasi oleh penempelan timah pada keempat roda dan penempelan timah pada roda bagian depan kendaraan, Hasil penelitian terendah diperoleh dari skenario dengan penempelan timah pada kedua roda dibagian belakang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Roda, Getaran, Unbalance, Vibration Meter. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 21031004 21031004 |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 01:10 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 01:10 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2956 |
Actions (login required)
View Item |