SALSABILA, SYIFA ADILA (2024) KAJIAN REKAYASA LALU LINTAS DI KAWASAN STASIUN KOTA PASURUAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
20011057-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (867kB) |
|
Text (BAB 1)
20011057-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (116kB) |
|
Text (BAB 2)
20011057-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20011057-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20011057-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
20011057-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (126kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20011057-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kawasan Stasiun Kota Pasuruan merupakan stasiun yang menjadi satu kawasan dengan Pasar Besar Kota Pasuruan. Stasiun Kota Pasuruan sudah memiliki jadwal teratur untuk kereta lokal Surabaya – Pasuruan dan selalu dipenuhi oleh penumpang dari Kota Pasuruan. Kajian rekayasa lalu lintas di Kawasan Stasiun Kota Pasuruan menggunakan data inventarisasi jalan, volume lalu lintas dan pejalan kaki, kecepatan kendaraan dan pejalan kaki, antrian dan tundaan kendaraan, serta data parkir. Data tersebut dianalis berdasarkan PKJI 2023 dan PTV VISSIM untuk mengetahui kinerja jalan dan simpang kemudian dilakukan rekomendasi dan divisualisasi. Berdasarkan analisis karakteristik lalu lintas di Kawasan Stasiun Kota Pasuruan diperoleh jam sibuk pada hari minggu dimana Jalan Soekarno Hatta memiliki tingkat pelayanan jalan C dengan nilai V/C Ratio 0,53 dan kecepatan adalah 41 km/jam. Kinerja persimpangan tak bersinyal adalah B dengan nilai tundaan 9,613 detik/kendaraan dan peluang antrian 10,87 - 24,54%. Intensitas putaran balik pada simpang adalah 1,15. Parkir di pasar memiliki indeks parkir untuk mobil penumpang tertinggi dengan tingkat penggunaan parkir mencapai 48 % serta durasi rata-rata adalah 32 menit/kendaraan. Sedangkan pada parkir sepeda motor indeks parkir tertinggi mencapai 43,24 % serta durasi rata-rata adalah 25 menit/kendaraan. Kondisi fasilitas pejalan kaki di Kawasan Stasiun Kota Pasuruan sudah mengakomodasi arus pejalan kaki dengan tingkat pelayanan fasilitas pejalan kaki A. Terdapat 2 skenario rekomendasi dimana skenario 2 merupakan skenario terbaik yaitu berupa pemasangan rambu simpang prioritas di Jalan St. Pasuruan. Selain itu penyediaan tempat penyeberangan pejalan kaki berupa pelican crossing dan penyediaan tempat pemberhentian angkutan umum yang terhubung dengan fasilitas pejalan kaki.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakteristik Lalu Lintas, Karakteristik Pejalan Kaki, Kawasan Stasiun |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | SYIFA ADILA SALSABILA |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 09:52 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 09:52 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2834 |
Actions (login required)
View Item |