PENGARUH KANDUNGAN AIR DALAM FLUIDA REM DAN TEMPERATUR TROMOL TERHADAP EFESIENSI GAYA PENGEREMAN

CHAIRUNNISA, OLIVIA (2024) PENGARUH KANDUNGAN AIR DALAM FLUIDA REM DAN TEMPERATUR TROMOL TERHADAP EFESIENSI GAYA PENGEREMAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
21031023-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (403kB)
[img] Text (BAB 1)
21031023-KKW-BAB_1.pdf

Download (115kB)
[img] Text (BAB 2)
21031023-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21031023-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21031023-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
21031023-KKW-BAB_5.pdf

Download (105kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
21031023-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kandungan air dalam fluida rem dan temperatur tromol terhadap efisiensi gaya pengereman. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya keselamatan berkendara dan kinerja sistem pengereman yang optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah Ex Post Facto, yang melibatkan analisis data untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel-variabel yang ada. Data dikumpulkan dari pengukuran kandungan air dalam fluida rem, temperatur tromol, dan efisiensi gaya pengereman pada berbagai kondisi pengoperasian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan air dalam fluida rem tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap efisiensi gaya pengereman. Hal ini disebabkan oleh kondisi pengoperasian normal atau suhu rendah yang digunakan selama pengujian, di mana kandungan air dalam fluida rem belum mencapai tingkat yang dapat mempengaruhi performa pengereman secara signifikan. Sebaliknya, temperatur tromol ditemukan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap efisiensi gaya pengereman. Temperatur tromol yang lebih tinggi cenderung menurunkan efisiensi pengereman, menunjukkan bahwa pemanasan tromol rem dapat berdampak negatif pada performa pengereman. Hasil ini mengindikasikan pentingnya pengendalian temperatur tromol untuk menjaga efisiensi pengereman yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fluida Rem, Temperatur Tromol, Efisiensi Gaya Pengereman
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 21031023 21031023
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:31
Last Modified: 17 Jul 2024 06:31
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2778

Actions (login required)

View Item View Item