PERSEPSI PENGEMUDI SEPEDA MOTOR TERHADAP KERUSAKAN JALAN DI RUAS JALAN MOJOKERTO-JOMBANG

ZAKIYA, NABILA ALFIYATUZ (2022) PERSEPSI PENGEMUDI SEPEDA MOTOR TERHADAP KERUSAKAN JALAN DI RUAS JALAN MOJOKERTO-JOMBANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18010529-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (372kB)
[img] Text (BAB 1)
18010529-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (71kB)
[img] Text (BAB 2)
18010529-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18010529-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18010529-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18010529-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (62kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010529-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy

Abstract

Kendaraan sepeda motor menjadi kendaraan yang digemari oleh masyarakat sekaligus paling banyak terlibat dalam kecelakaan. Hal tersebut menjadi dasar penelitian dengan tujuan menganalisis karakteristik lalu lintas, jenis-jenis kerusakan jalan dan juga persepsi pengemudi sepeda motor ketika melewati ruas Jalan Mojokerto-Jombang. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan survey secara langsung di lokasi penlitian dan juga penyebaran kuesioner melalui google form. Penelitian ini menggunakan teknik observasi secara langsung dan juga menggunakan kuesioner untuk pengambilan data. Data tersebut kemudian dianalisis menggunaakan metode Bina Marga untuk kerusakan jalannya, sedangkan kuesioner persepsi pengemudi dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Responden dalam penelitian ini berjumlah 113 dengan teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa arus lalu lintas di Jalan Mojokerto-Jombang adalah 5960 kend/jam (kendaraan sepeda motor = 1329 km/jam), kecepatan rata-rata kendaraan 42,5 km/jam dan kepadatan lalu lintasnya 154 smp/km, tingkat pelayanan ruas jalan berada pada kondisi A, artinya kondisi arus lalu lintas bebas dengan kecepatan tinggi dan volume lalu lintas rendah. Kerusakan Jalan Mojokerto-Jombang yang cukup parah (dengan nilai UP = 10) artinya membutuhkan penanganan rutin. Untuk persepsi pengemudi terdapat 3 poin teratas yaitu: Berusaha menghindari kerusakan jalan dengan membanting kemudi dengan nilai skoring 53 dan prosentasenya yakni sebesar 47%. Terperosok kedalam lubang jalan (namun tidak sampai terjatuh) dengan nilai skoring 50 dan prosentasenya adalah sebesar 44%. Terperosok kedalam lubang jalan ketika berada dibelakang kendaraan yang memiliki dimensi besar, pertanyaan ini memiliki skor 48, dengan nilai prosentase sebesar 44%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Pengemudi, Sepeda Motor, Kecelakaan Lalu Lintas, Karakteristik Lalu Lintas, Kerusakan Jalan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0529 18.01.0529
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:06
Last Modified: 11 Aug 2022 03:06
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/267

Actions (login required)

View Item View Item