NUR, ANDI MUHAMAD and NAUFAL, AHMAD and HANYTA, EVA YUNIZAR SAQI and ABDYANI, MAHARANI PUTRI (2024) LAPORAN MAGANG 2 DI ASTRA INFRA TOLL ROAD TANGERANG-MERAK PT MARGA MANDALASAKTI. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)
Text (ABSTRAK)
20011011_20011034_20013061_20013072_Magang 2_Abstrak.pdf Download (390kB) |
|
Text (BAB 1)
20011011_20011034_20013061_20013072_Magang 2_BAB 1.pdf Download (278kB) |
|
Text (BAB 2)
20011011_20011034_20013061_20013072_Magang 2_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
20011011_20011034_20013061_20013072_Magang 2_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
20011011_20011034_20013061_20013072_Magang 2_BAB 4.pdf Download (157kB) |
|
Text (LAMAPIRAN)
20011011_20011034_20013061_20013072_Magang 2_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pada pelaksanaan magang ini dilatar belakangi oleh perkembangan transportasi di Indonesia yang harus didukung dengan pembangunan jalan. Pembangunan jalan tersebut juga harus didukung dengan jalan berkeselamatan agar tidak menyebabkan peningkatan kecelakaan. Seperti Jalan Tol yang merupakan jalan bebas hambatan untuk menghubungkan konektivitas bebas hambatan antar wilayah bagi masyarakat untuk dirasakan manfaatnya yaitu memangkas waktu tempuh saat berkendara. Salah satu jalan tol tersebut yaitu Jalan Tol Tangerang-Merak, dimana volume kendaraan yang melintas selaras dengan angka kecelakaan yang terjadi. Tercatat pada tahun 2021-2023 angka kecelakaan yang terjadi berjumlah 863 dengan korban meninggal dunia sebanyak 62 korban jiwa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi daerah rawan kecelakaan dan mengetahui cara penanganan terhadap daerah rawan kecelakaan tersebut. Metode yang digunakan meliputi Equivalen Accident Number (EAN), Upper Control Limit (UCL), dan Batas Kontrol Atas (BKA). Hasil penelitian menunjukan kecelakaan tertinggi di jalan tol Tangerang-Merak berada pada KM 36 A, KM 50 A, KM 68 A, KM 74 A, KM 59 B. Rekomendasi penanganan daerah rawan kecelakaan pada ruas jalan tol Tangerang-Merak dengan edukasi berkendara, menyediakan driver rest, pemasangan VMS, pemasangan rambu peringatan daerah rawan kecelakaan, memperjelas marka jalan dan pemasangan alat pembatas kecepatan.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PT MARGA MANDALASAKTI, KECELAKAAN, DAERAH RAWAN KECELAKAAN |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 20013061 20013061 |
Date Deposited: | 20 May 2024 04:23 |
Last Modified: | 20 May 2024 04:23 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2568 |
Actions (login required)
View Item |