URBANINGRUM, LAKSMI (2021) ANALISIS KEBUTUHAN PERLENGKAPAN JALAN UNTUK PENURUNAN KECEPATAN (STUDI KASUS : JALAN RINJANI KABUPATEN CILACAP). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
17010376_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (516kB) |
|
Text (BAB 1)
17010376_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB 2)
17010376_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
|
Text (BAB 3)
17010376_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) |
|
Text (BAB 4)
17010376_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 5)
17010376_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (160kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17010376_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (823kB) |
Abstract
Meningkatnya perjalanan kendaraan yang tidak diikuti dengan peningkatan kualitas dan kuantitas prasarana transportasi yang memadai, dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas berkaitan dengan faktor kecepatan yang menyebabkan angka kematian ditinjau dari kinerja lalu lintas, kecepatan lalu lintas yang tinggi berarti mobilitas tinggi dan bila ditinjau dari aspek keselamatan lalu lintas, kecepatan yang tinggi meningkatkan resiko kecelakaan. Sebagian besar kecelakaan lalu lintas yang disebabkan manusia terjadi karena pelanggaran terhadap peraturan lalu lintas, salah satunya yaitu pelanggaran batas kecepatan dalam berkendara. Ruas Jalan Rinjani merupakan daerah rawan kecelakaan dengan penyebab kecelakaan tertinggi berdasarkan hasil identifikasi daerah rawan kecelakan oleh Polres Kabupaten Cilacap pada tahun 2016-2018 dengan 13 kejadian kecelakaan lalu lintas yang terjadi di ruas jalan tersebut. Untuk menurunkan kecepatan kendaraan, dilakukan simulasi perangkat manajemen kecepatan. Terdapat 3 jenis perangkat yang di simulasikan dalam penelitian ini di antaranya simulasi 1 yaitu penerapan rambu batas kecepatan dan ban karet truk yang disimulasikan sebagai speedhump, simulasi 2 penerapan rambu batas kecepatan dan rumble strip, dan simulasi 3 penerapan dari ketiga perangkat manajemen kecepatan yaitu penerapan rambu batas kecepatan, ban karet truk, dan rumble strip. Untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah dipasang simulasi manajemen kecepatan menggunakan analisis paired simple t-test. Dari hasil analisis, , terdapat perbedaan simulasi perangkat manajemen kecepatan sebelum dan sesudah dipasang perangkat dengan hasil penurunan yaitu simulasi 1 menurunkan 17 km/jam, simulasi 2 menurunkan 12 km/jam, dan simulasi 3 menurunkan 22 km/jam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecepatan, Simulasi Perangkat Manajemen Kecepatan,paired simple t-test. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 08:12 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 08:12 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2161 |
Actions (login required)
View Item |