ANALISIS EFEKTIVITAS RAMBU BATAS KECEPATAN DALAM MEREDUKSI KECEPATAN KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS : JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KABUPATEN CILACAP)

PRAMESTI, YULIANGGI TRISYA (2020) ANALISIS EFEKTIVITAS RAMBU BATAS KECEPATAN DALAM MEREDUKSI KECEPATAN KENDARAAN BERMOTOR (STUDI KASUS : JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN, KABUPATEN CILACAP). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16010311_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (854kB)
[img] Text (BAB 1)
16010311_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (395kB)
[img] Text (BAB 2)
16010311_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)
[img] Text (BAB3)
16010311_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img] Text (BAB 4)
16010311_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
16010311_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (379kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16010311_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berkendara dengan kecepatan tinggi pada ruas jalan perkotaan dengan harapan memperpendek waktu tempuh menjadi langkah yang diambil pengendara sepeda motor untuk waktu tempuh yang lebih efisien. Tanpa disadari, hal tersebut justru dapat menimbulkan kerugian dengan seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh kecepatan Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan merupakan lokasi rawan kecelakaan berdasarkan hasil identifikasi daerah rawan kecelakaan oleh Polres Kabupaten Cilacap pada tahun 2016 (Sumber : Polres Kabupaten Cilacap). Menurut data Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Cilacap pada tahun 2015 hingga tahun 2018 terdapat 36 kejadian kecelakaan lalu lintas yang terjadi di ruas jalan tersebut yang disebabkan oleh kecepatan. Maka dari itu, diperlukan pemasangan perangkat manajemen kecepatan untuk mereduksi kecepatan kendaraan bermotor. Jalan Perintis Kemerdekaan telah terpasang perangkat manajemen kecepatan berupa rambu batas kecepatan maksimal. Dari hasil survei di lapangan, terdapat penurunan kecepatan kendaraan namun belum mencapai target yaitu batas kecepatan maksimal 50 km/jam. Untuk menurunkan kecepatan kendaraan hingga mencapai target, dilakukan simulasi pemasangan rambu batas kecepatan secara berulang dengan jarak 15 meter, 20 meter, 25 meter, 30 meter, 35 meter, 40 meter, 45 meter, dan 50 meter. Dari hasil analisis, jarak pengulangan rambu yang paling efektif adalah jarak 35 meter dengan nilai efektivitas 75,00% serta kecepatan rata-rata persentil-85 sebesar 54 km/jam mendekati batas kecepatan yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Kecepatan, Perangkat Manajemen Kecepatan, Rambu Batas Kecepatan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 21 Nov 2023 00:57
Last Modified: 21 Nov 2023 00:57
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2113

Actions (login required)

View Item View Item