HARYOKO, DIMAS WISNU (2020) ANALISIS KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) DAN METODE INTERNATIONAL ROUGHNESS INDEX (IRI) GUNA MENINGKATKAN KESELAMATAN JALAN (LOKASI PENELITIAN PADA RUAS JALAN TOL PEMALANG–BATANG). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
16010292_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
16010292_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (133kB) |
|
Text (BAB 2)
16010292_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB 3)
16010292_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 4)
16010292_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB 5)
16010292_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (108kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
16010292_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Jalan Tol merupakan jalan yang mewajibkan penggunanya untuk membayar tol. Dengan kewajiban membayar tol sewajarnya mempunyai fasilitas keselamatan jalan yang lebih. Namun tetap saja masih ditemui kerusakan jalan pada permukaan jalan pada ruas jalan tol di Indonesia, salah satunya adalah ruas jalan Tol Pemalang-Batang. Dengan adanya kerusakan jalan ini harus dilakukan analisis guna meningkatkan keselamatan jalan. Tujuan dari penenlitian ini adalah untuk mendeskrisipan, menilai kondisi perkerasan jalan, menilai kondisi ketidakrataan jalan, megetahui hubungan antara kerusakan jalan dengan kecelakaan dan memberikan penganganan yang efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pavement Condition Index (PCI) yang merupakan indeks permukaan jalan yang berparameter pada jenis kerusakan jalan, tingkat keparahan kerusakan jalan dan ukuran/jumlah kerusakan jalan serta metode International Roughness Index yang merupakan indeks ketidakrataan jalan dengan parameter kerataan permukaan jalan. Hasil penelitian sebagai berikut: kondisi perkerasan jalan menurut metode Pavement Condition Index bahwa nilai PCI rata-rata sebesar 94,93 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 16. Sedangkan hasil penelitian kondisi perkerasan jalan menurut metode International Roughness Index bahwa nilai rata-rata 2,48 dengan nilai tertinggi 8,62 dan nilai terendah 0,66. Hubungan antara Pavement Condition Index dengan International Roughness Index menghasilkan bahwa pengaruh PCI terhadap IRI sebesar 0,6% yang artinya pengaruh nilai PCI terhadap IRI itu ada namun pengaruhnya sangat kecil dimana faktor lain yang mempengaruhi adalah cara dalam mencari nilai pada masing-masing metode analisis dengan semakin tinggi nilai PCI maka nilai IRI akan semakin rendah yang artinya lokasi/stationer jalan yang tidak mempunyai kerusakan jalan maka stationer jalan sebut mempunyai kondisi permukaan jalan yang rata. Solusi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perbaikan dengan metode perbaikan P1 (Penebaran Pasir), metode perbaikan P2 (Pengaspalan), metode perbaikan P3 (Penutupan Retak), metode perbaikan P4 (Pengisian Retak), metode perbaikan P5 (Penambalan Rusak) dan metode perbaikan P6 (Perataan).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index, International Roughness Index, Jalan Tol, Keselamatan Jalan |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 00:56 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 00:56 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/2101 |
Actions (login required)
View Item |