HANIDA, SHELIA AYU RIDA (2023) ANALISIS PENINGKATAN KINERJA SIMPANG DENGAN SIMULASI PENERAPAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) PADA SIMPANG BERSINYAL DI KOTA SERANG (STUDI KASUS: SIMPANG EMPAT CICERI KOTA SERANG). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
19010619-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (815kB) |
|
Text (BAB 1)
19010619-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (138kB) |
|
Text (BAB 2)
19010619-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
19010619-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
19010619-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
19010619-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (133kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
19010619-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Ruang Henti Khusus Sepeda Motor (RHK) adalah ruang pada simpang bersinyal yang digunakan oleh pengguna sepeda motor untuk menunggu dipersimpangan saat fase lampu lalu lintas berwarna merah. Penelitian ini dilakukan pada simpang empat Ciceri kota Serang. Pada Simpang Ciceri memiliki arus lalu lintas padat karena lokasinya terletak ditengah perkotaan dengan tata guna lahan disekitarnya adalah daerah pendidikan, pertokoan, perkantoran, dan terdapat pusat perbelanjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja lalu lintas simpang empat Ciceri, menganalisisi penerapan RHK, dan memberikan rekomendasi RHK yang sesuai. Metode Analisis kuantitatif terkait perhitungan kinerja simpang menggunakan Rumus PKJI dan pemodelan dengan Software Vissim. Sebelum dilakukan permodelan RHK, permodelan kondisi eksisiting perlu dilakukan kalibrasi dan validasi dengan metode trial dan error. Berdasarkan hasil analisis, pada pendekat utara tidak dapat diterapkan RHK Karena tidak memenuhi ketentuan. Berdasarkan rata – rata penumpukan sepeda motor RHK yang sesuai untuk pendekat simpang Ciceri timur, barat, dan selatan tersebut adalah tipe kotak dengan lebar 2 x 3,5m dan panjang 8m. setelah dilakukan permodelan RHK menggunakan software vissim rekomendasi yang sesuai yakni RHK diterapkan pada pendekat timur dan barat karena dapat menurunkan antrian dan tundaan pada jalan minor (utara dan selatan). Pada pendekat utara antrian mengalami penurunan sebesar 5,64 m dan penurunan tundaan sebesar 1,52 detik. Pada pendekat selatan mengalami penurunan antrian 7,85 m dan penurunan tundaan sebesar 13,48 detik. Antrian pada simpang menurun sebesar 2,79 m dan tundaan menurun sebesar 1,5 detik dari kondisi sebelum diterapkan RHK. Dapat disimpulkan bahwa penerapan RHK Sepeda Motor dapat meningkatkan kinerja simpang dengan adanya penurunan panjang antrian dan tundaan. Namun penerapannya pada simpang Ciceri tidak terlalu memberikan dampak yang signifikan terhadap penurunan tundaan dan antrian simpang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ruang henti khusus, permodelan, vissim, simpang |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 19.01.0619 19.01.0619 |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 01:29 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 01:29 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1791 |
Actions (login required)
View Item |