ANALISIS PENYEBAB KEGAGALAN PENGEREMAN PADA KENDARAAN BERMOTOR WAJIB UJI JENIS REM FULL AIR BRAKE

IKHSANUDDIN, AMAR ALIF (2023) ANALISIS PENYEBAB KEGAGALAN PENGEREMAN PADA KENDARAAN BERMOTOR WAJIB UJI JENIS REM FULL AIR BRAKE. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
20031004-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (781kB)
[img] Text (BAB 1)
20031004-KKW-BAB_1.pdf

Download (116kB)
[img] Text (BAB 2)
20031004-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
20031004-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
20031004-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (856kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
20031004-KKW-BAB_5.pdf

Download (112kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20031004-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kerusakan komponen sistem rem angin diakibatkan karena kurangnya kesadaran dalam merawat dan memeriksa komponen rem sehingga berpotensi menimbulkan rem blong. Angin tekor merupakan salah satu kegagalan rem yang terjadi pada sistem rem angin. Terdapat kasus kecelakaan diakibatkan kegagalan rem karena kerusakan pada komponen rem. Maka dari itu perlunya pemeriksaan persyaratan teknis sistem rem angin. Peneliti ingin mengetahui proses pemeriksaan persyaratan teknis dan laik jalan sistem rem angin. Mengetahui mekanisme kerja sistem rem angin. Menganalisa faktor penyebab kegagalan rem pada jenis rem angin dan merekomendasikan prosedur pengujian jenis rem angin pada Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB). Lokasi penelitian ini dilakukan di Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor Kota Surakarta dan Bengkel Bongkar Muat Pendaringan Kota Surakarta. Metode dalam penelitian ini menggunakan FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) untuk menganalisis dan mengevaluasi sebuah kegagalan sistem untuk dibuat langkah penanganannya serta merekomendasikan prosedur pengujian pemeriksaan persyaratan teknis sistem rem full air brake. Hasil pemeriksaan persyaratan teknis sistem rem angin pada 30 kendaraan mendapatkan kerusakan terbanyak pada kebocoran komponen dan kampas rem. Kompresor tidak dapat mengisi angin pada titik maksimal ke air tank dan efisiensi rem utama < 50% serta efisiensi rem parkir < 12%. Maka dari itu perlunya pemeriksaan tambahan yaitu pemeriksaan keb

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Rem Angin, Kegagalan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 20031004 20031004
Date Deposited: 11 Aug 2023 06:33
Last Modified: 11 Aug 2023 06:33
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1703

Actions (login required)

View Item View Item