PENGARUH INJEKSI UAP AIR TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN LAJU BAHAN BAKAR MESIN BENSIN KONVENSIONAL PADA MESIN KIJANG TYPE 5K

WICAKSONO, ANANG DIAN (2019) PENGARUH INJEKSI UAP AIR TERHADAP EMISI GAS BUANG DAN LAJU BAHAN BAKAR MESIN BENSIN KONVENSIONAL PADA MESIN KIJANG TYPE 5K. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16030334-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (912kB)
[img] Text (BAB 1)
16030334-KKW-BAB 1.pdf

Download (336kB)
[img] Text (BAB 2)
16030334-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 3)
16030334-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[img] Text (BAB 4)
16030334-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
16030334-KKW-BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16030334-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB)

Abstract

Perkembangan dunia otomotif semakin pesat. Disisi lain dapat menimbulkan efek negatif, yaitu gas buang dari hasil pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna. Gas buang kendaraan menghasilkan unsur CO, NOx, HC, CO2, H2O, NO dan NO2 yang diantaranya bersifat polusi / mencemari lingkungan. Kenyataannya, pertumbuhan pada sektor transportasi yang diproyeksikan sekitar 6% - 8% pertahun. Dengan menggunakan proyeksi 6% - 8% pertahun maka penggunaan bahan bakar di indonesia 9,0 kali pada tahun 2018 sehingga Indonesia akan menghadapi permasalahan pencemaran udara perkotaan, yang didominasi oleh emisi dari kendaraan bermotor. Pengujian ini dilakukan dengan cara mengalirkan air conditioner dari tabung kemudian di alirkan ke intake manifold. Aliran airnya sendiri diatur oleh kran yang ada di tabung menuju selang dan saluran selang terdapat injektor sebagai injeksi air yang menuju ke intake manifold yang kemudian air diinjeksikan ke intake manifold karena air conditioner memiliki titik didih rendah sehingga air conditioner aku menguap menjadi uap air bersama udara masuk keruang bakar. Penelitian ini dilakukan pada mesin bensin konvensional Kijang Type 5K. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada mesin dengan injeksi uap air dapat mengurangi kadar emisi gas buang serta dapat menghemat bahan bakar daripada kondisi mesin standar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Injeksi Uap Air, Emisi Gas Buang, Konsumsi Bahan Bakar, Intake Manifold, Air Condotioner.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 24 Jul 2023 03:33
Last Modified: 24 Jul 2023 03:33
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1413

Actions (login required)

View Item View Item