ANALISIS EMISI GAS BUANG BERDASARKAN KARAKTERISTIK KENDARAAN BERMOTOR DI UNIT PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR KOTA PALANGKA RAYA

JULIANTI, MARISHA (2020) ANALISIS EMISI GAS BUANG BERDASARKAN KARAKTERISTIK KENDARAAN BERMOTOR DI UNIT PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR KOTA PALANGKA RAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17030407-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (528kB)
[img] Text (BAB 1)
17030407-KKW-BAB 1.pdf

Download (339kB)
[img] Text (BAB 2)
17030407-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (BAB 3)
17030407-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB)
[img] Text (BAB 4)
17030407-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (818kB)
[img] Text (BAB 5)
17030407-KKW-BAB 5.pdf

Download (338kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17030407-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB)

Abstract

Pada dasarnya emisi yang dikeluarkan semua jenis kendaraan bermotor adalah sama, hanya komposisinya saja yang berbeda karena adanya perbedaan kondisi dan sistem operasi antara mesin kendaraan yang satu dengan yang lainnya. Mesin kendaraan terbaru umumnya memiliki emisi gas buang dengan kadar yang rendah dibandingkan dengan mesin kendaraan yang lebih tua umurnya. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk Mengetahui karakteristik kendaraan bermotor di Unit Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Palangka Raya, Mengetahui besaran emisi gas buang kendaraan bermotor di Unit Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Palangka Raya, dan Mengetahui hubungan antara besaran emisi gas buang dengan karakteristik kendaraan bermotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emisi gas buang dipengaruhi oleh karakteristik pada kendaraan bermotor. Semakin tinggi umur kendaraan maka semakin tinggi pula emisi yang dihasilkan oleh kendaraan sebesar 0,93 untuk solar, CO sebesar 0,19 dan HC sebesar 0,89. Begitu pula dengan jarak tempuh, semakin panjang jarak tempuh maka semakin tinggi emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan tersebut sebesar 0,95 untuk solar dan CO sebesar 0,88 serta HC sebesar 0,92. Selain itu kapasitas silinder pada kendaraan juga berpengaruh terhadap besaran emisi gas buang, semakin besar kapasitas silinder, maka semakin tinggi pula emisi gas buang yang dihasilkan oleh suatu kendaraan bermotor sebesar 0,97 untuk solar, CO sebesar 0,0002 dan HC sebesar 0,92.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Emisi Gas Buang, Bensin, Solar, Kendaraan Bermotor, Pengujian Kendaraan Bermotor
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 14 Jun 2023 01:21
Last Modified: 14 Jun 2023 01:21
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1156

Actions (login required)

View Item View Item