ANALISIS PENGARUH BEBAN DAN KONDISI BAN TERHADAP PENGUJIAN REM PADA KENDARAAN YANG DILENGKAPI SISTEM LSPV (LOAD SENSING PROPORTIONING VALVE)

ISLAM, AHMAD NURIL (2019) ANALISIS PENGARUH BEBAN DAN KONDISI BAN TERHADAP PENGUJIAN REM PADA KENDARAAN YANG DILENGKAPI SISTEM LSPV (LOAD SENSING PROPORTIONING VALVE). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16030333-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (509kB)
[img] Text (BAB 1)
16030333-KKW-BAB 1.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB 2)
16030333-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text (BAB 3)
16030333-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text (BAB 4)
16030333-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[img] Text (BAB 5)
16030333-KKW-BAB 5.pdf

Download (141kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16030333-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kendaraan bermotor adalah sarana transportasi yang memepunyai fungsi paling baik diantara sarana transportasi lainnya dijalan. Selain harus memenuhi fungsinya sebagai media pengangkut, kendaraan bermotor juga harus mempunyai fitur keselamatan baik untuk pengemudi maupun penumpang. Salah satu komponen yang merupakan bagian dari sistem keselamatan adalah sistem rem. Untuk itulah perlunya dilakukan pengujian dari sistem rem guna menjamin keselamatan dari kendaraan tersebut. Dengan adanya perkembangan teknologi terjadi beberapa kendala dalam pengujian kendaraan bermotor. Yaitu salah satunya adalah pengujian rem pada kendaraan yang dilengkapi dengan Load Sensing Porpotioning Valve (LSPV). Dalam penelitian ini menggunakan metode eksperiman, dimana penelitian ini dilakukan diketahui dari perhitungan efisiensi rem dan perhitungan perlambatan dari hasil uji Brake Tester dan hasil pengukuran jarak pengereman Road Test kemudian dibandingkan dengan ketentuan efisiensi rem dan jarak pengeraman dari efisiensi rem (Gaya rem) Minimal 50% x G Axle, dan perlambatan Minimal 5 m/dt². Hasil dari perhitungan dilakukan dengan penambahan beban dapat dihitung efisiensi rem dan perlambatan yang dibutuhkan dari gaya pengereman yang dihasilkan. Hasil dari penelitian ini dihasilkan pengaruh dari beban dan kondisi ban terhadap gaya rem, efisiensi rem dan perlambatan dengan cara perhitungan efisiensi rem dan jarak henti pengereman dengan penambahan beban dari berat kosong sampai dengan Daya angkat pada bak kendaraan yang dilakukan dengan alat uji Brake tester dan percobaan Road Test, beban kendaraan ini mempunyai pengaruh terhadap gaya rem, semakin berat beban yang di tumpu maka semakin besar gaya pengereman kendaraan. Dengan dilakukannya penelitian pengujian dengan cara Road Test dan uji Brake Tester sebagai alternatif pengujian rem dengan cara penambahan beban pada kendaraan dan juga menggunakan kondisi ban yang berbeda pada penelitian ini diharapkan menghasilkan pengujian efisiensi rem yang tepat pada kendaraan yang dilengkapi sistem LSPV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LSPV, Efisiensi, Perlambatan, Beban, Ban, Road Test, Brake tetster.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 08 Jun 2023 07:34
Last Modified: 08 Jun 2023 07:34
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1105

Actions (login required)

View Item View Item