PENGARUH KONDISI BAN TERHADAP EFISENSI PENGEREMAN

MULIANINGTIAS, FHARAH TRI (2019) PENGARUH KONDISI BAN TERHADAP EFISENSI PENGEREMAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
16030279-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text (BAB 1)
16030279-KKW-BAB 1.pdf

Download (121kB)
[img] Text (BAB 2)
16030279-KKW-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text (BAB 3)
16030279-KKW-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text (BAB 4)
16030279-KKW-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (BAB 5)
16030279-KKW-BAB 5.pdf

Download (53kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16030279-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Jarak pengereman merupakan salah satu yang perlu diperhatikan dan diperhitungkan ketika melakukan pengereman agar kecepatan kendaraan dapat dikurangi atau berhenti dengan aman dan nyaman. Jarak pengereman bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti sistem rem dan kondisi ban. Kondisi ban dapat mempengaruhi efisiensi pengereman. Penelitian yang dilakukan oleh penulis pada Kertas Kerja Wajib ini merupakan metode penelitian eksperimen. Penelitian yang dilakukan penulis adalah membandingan hasil uji efisiensi pengereman pada kondisi ban kering dan kondisi ban basah pada alat uji braketest dan dengan metode roadtest. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil efisiensi pengereman yang terjadi pada kondisi ban kering dan kondisi ban basah yang dilakukan pada alat uji braketest terjadi perubahan efisiensi sebesar 14,4 % . Jika dikonversikan dengan jarak pengereman akan didapatkan selisih 1,34 m. Sedangkan hasil efisiensi pengereman yang terjadi pada kondisi ban kering dan kondisi ban basah yang dilakukan pada metode roadtest terjadi pebedaan efisiensi pengereman sebesar 18,29 % . Jika dikonversikan dengan jarak pengereman akan didapatkan selisih 2,6 m. Hal tersebut dapat disebabkan karena perbedaan koefisien gesek pada roller yang tadinya kering menjadi basah dan adanya perbedaan koefisien gesek antara aspal kering dan aspal basah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Alat uji braketest, Roadtest, Kondisi Ban, Efisiensi pengereman.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 04 May 2023 07:34
Last Modified: 04 May 2023 07:34
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1041

Actions (login required)

View Item View Item