MULIANINGTIAS, FHARAH TRI (2019) PENGARUH KONDISI BAN TERHADAP EFISENSI PENGEREMAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
16030279-KKW-ABSTRAK.pdf Download (357kB) |
|
Text (BAB 1)
16030279-KKW-BAB 1.pdf Download (121kB) |
|
Text (BAB 2)
16030279-KKW-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
|
Text (BAB 3)
16030279-KKW-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (532kB) |
|
Text (BAB 4)
16030279-KKW-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
|
Text (BAB 5)
16030279-KKW-BAB 5.pdf Download (53kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
16030279-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Jarak pengereman merupakan salah satu yang perlu diperhatikan dan diperhitungkan ketika melakukan pengereman agar kecepatan kendaraan dapat dikurangi atau berhenti dengan aman dan nyaman. Jarak pengereman bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti sistem rem dan kondisi ban. Kondisi ban dapat mempengaruhi efisiensi pengereman. Penelitian yang dilakukan oleh penulis pada Kertas Kerja Wajib ini merupakan metode penelitian eksperimen. Penelitian yang dilakukan penulis adalah membandingan hasil uji efisiensi pengereman pada kondisi ban kering dan kondisi ban basah pada alat uji braketest dan dengan metode roadtest. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil efisiensi pengereman yang terjadi pada kondisi ban kering dan kondisi ban basah yang dilakukan pada alat uji braketest terjadi perubahan efisiensi sebesar 14,4 % . Jika dikonversikan dengan jarak pengereman akan didapatkan selisih 1,34 m. Sedangkan hasil efisiensi pengereman yang terjadi pada kondisi ban kering dan kondisi ban basah yang dilakukan pada metode roadtest terjadi pebedaan efisiensi pengereman sebesar 18,29 % . Jika dikonversikan dengan jarak pengereman akan didapatkan selisih 2,6 m. Hal tersebut dapat disebabkan karena perbedaan koefisien gesek pada roller yang tadinya kering menjadi basah dan adanya perbedaan koefisien gesek antara aspal kering dan aspal basah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat uji braketest, Roadtest, Kondisi Ban, Efisiensi pengereman. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | Admin TO |
Date Deposited: | 04 May 2023 07:34 |
Last Modified: | 04 May 2023 07:34 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/1041 |
Actions (login required)
View Item |