LAPORAN PRAKTEK KERJA PROFESI II DI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN KARANGANYAR

AGUSTRIANTO, AGUSTRIANTO and NURCHOLIS, IHSAN HAJI and RAHMAWATI, RAGIL KURNIA and PRASETYO, TRI and PRIMASARI, YULINAR HASTI and ARIEF, YUSUF MAULANA (2021) LAPORAN PRAKTEK KERJA PROFESI II DI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN KARANGANYAR. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)

[img] Text (ABSTRAK)
17010449_17010373_17010384_17010477_17010416_17010417-PKP 2-ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[img] Text (BAB 1)
17010449_17010373_17010384_17010477_17010416_17010417-PKP 2-BAB_1.pdf

Download (100kB)
[img] Text (BAB 2)
17010449_17010373_17010384_17010477_17010416_17010417-PKP 2-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
17010449_17010373_17010384_17010477_17010416_17010417-PKP 2-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
17010449_17010373_17010384_17010477_17010416_17010417-PKP 2-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (932kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
17010449_17010373_17010384_17010477_17010416_17010417-PKP 2-BAB_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
17010449_17010373_17010384_17010477_17010416_17010417-PKP 2-BAB_6.pdf

Download (174kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17010449_17010373_17010384_17010477_17010416_17010417-PKP 2-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil penilaian kinerja keselamatan Kabupaten Karanganyar yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Penyelenggaraan program masing-masing pilar dalam RUNK di Kabupaten Karanganayar telah dilaksanakan oleh instansi terkait namun ada beberapa program dari beberapa pilar dalam RUNK yang belum terlaksana karena bukan merupakan wewenang dari dinas atau instansi terkait di Kabupaten Karanganyar. Berdasarkan hasil inventarisasi program-program di dalam Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan 2011 – 2035 di Kabupaten Karanganyar mencapai 74%. Untuk Pilar 1, penyelenggaraan yang telah dicapai adalah sebesar 65%, Pilar 2 sebesar 94%, Pilar 3 sebesar 80%, Pilar 4 sebesar 85% dan Pilar 5 sebesar 64%. 2. A. Indeks Fatalitas per 100.000 Penduduk Dari rentang waktu 5 tahun terakhir terjadi fluktuasi indeks fatalitas. Tingkat fatalitas berdasarkan penduduk pada tahun 2016 adalah sebesar 3,24. Satu tahun selanjutnya mengalami kenaikan sebesar 31% pada tahun 2017 yaitu mencapai tingkat fatalitas 4,25. Sementara pada tahun 2018 Kabupaten Karanganyar mencapai tingkat fatalitas berdasarkan populasi terbaiknya dalam 5 tahun terakhir, yaitu mencapai 2,97. Namun 2 tahun terakhir Kabupaten Karanganyar berturut-turut mengalami kenaikan tingkat fatalitas 82% dan 9 % dan menjadikan 2 tahun terakhir yaitu tahun 2019 dan 2020 merupakan tahun terburuknya Kabupaten Karanganyar dalam hal tingkat fatalitas per 100.000. Dalam 5 tahun terakhir, kejadian kecelakaan 2016 hingga 2020 keseluruhan berada dalam posisi aman, maksudnya ialah tingkat fatalitas yang terjadi sudah memenuhi target RUNK dan harapan pemerintah. Namun perlu dibawah garisi adanya tren grafik yang naik dengan signifikan serta terus naik dalam 2 tahun terakhir. Hal ini perlu menjadi catatan penting bagi instansi terkait, mengapa hal ini bisa terjadi. Dan bagaimana mengatasi agar tren grafik ini bisa menjadi turun landai. 320 TIM PKP KABUPATEN KARANGANYAR 2021 B. Indeks Fatalitas per 10.000 Kendaraan Dari tahun 2016 menuju 2018, Kabupaten Karanganyar mengalami penurunan tingkat kematiannya berdasarkan kendaraan, berturut-turut turun sebesar 23% dan 52%. Hal ini sangat baik dan menjadi harapan untuk pemerintah dapat mengurangi tingkat fatalitas. Namun dari hasil diatas indeks fatalitas per 10.000 kendaraan terdaftar,pada 2 tahun terakhir yaitu tahun 2019 dan 2020 terjadi peningkatan tingkat fatalitas berturutturut sebesar 74% dan 10%. Dan tertinggi berada pada tahun 2020 dengan 1,05 yang artinya terdapat 1 korban mengalami kematian setiap 10.000 kendaraan yang terlibat kecelakaan lalu lintas. C. Tingkat Fatalitas per Kejadian Kecelakaan Indeks fatalitas di Kabupaten Karanganyar paling rendah terjadi pada tahun 2016 yaitu sebesar 3% dan terus mengalami kenaikan hingga sebesar 5% pada tahun 2020. Hal ini tentunya harus menjadi catatan penting, serta perlu adanya upaya untuk mengubah tren peningkatan tingkat fatalitas tiap tahunnya menjadi penurunan tren grafiknya pertahun. 3. Identifikasi daerah rawan kecelakaan (DRK) menggunakan tiga metode analisis kecelakaan dengan eksposur yang berbeda. Penentuan ruas dengan menggunakan Cusum (cumulative summary), Tingkat Kecelakaan, dan Equivalent Accident Number (EAN) untuk ruas jalan Nasional, ruas jalan Provinsi dan ruas jalan Kabupaten yang ada di Kabupaten Karanganyar menghasilkan Ruas Jalan Palur – Batas Kabupaten Sragen untuk jalan Nasional , Ruas Jalan Palur – Karanganyar untuk jalan Provinsi dan Ruas jalan Matesih – Ngadiluwih untuk jalan Kabupaten. a. Ruas Jalan Palur – Batas Kabupaten Sragen (Jalan Nasional) terdapat beberapa permasalahan antara lain tidak terdapat pembatasan kecepatan, kurangnya rambu-rambu lalu lintas yang menjelaskan kondisi jalan eksisting, Tipe tabrakan yang terjadi didominasi tabrak depan-samping, banyaknya pengemudi yang melanggar dan Marka Memudar. Rekomendasi yang di usulkan antara lain Pengadaan rambu batas kecepatan, rambu peringatan persimpangan, rambu petunjuk putar balik, rambu peringatan 321 TIM PKP KABUPATEN KARANGANYAR 2021 DRK, rambu hati-hati, pengadaan apill dengan satu warna (kuning), perbaikan marka dan sosialisasi terhadap masyarakat. b. Ruas Jalan Palur – Karanganyar (Jalan Provinsi) terdapat beberpa masalah antara lain Tidak ada rambu peringatan persimpangan, Banyaknya kendaraan yang parkir di badan jalan, Tidak ada rambu petunjuk SPBU, Terdapat pengendara yang tidak bisa memperikrakan bahaya yang mungkin terjadi setelah pengemudi keluar dan masuk jalan minor, Tidak ada rambu simpang prioritas yang terdapat di jalan minor dekat SPBU Dagen. Rekomendasi dari permasalahan tersebut antara lain Penambahan rambu peringatan persimpangan tiga sisi kiri, penertiban area lalu lintas pedagang kaki lima, penambahan rambu petunjuk lokasi SPBU, penyuluhan tentang keselamatan berkendara dan Penambahan rambu simpang prioritas. c. Ruas Jalan Matesih – Ngadiluwih (Jalan Kabupaten) Adanya penurunan jalan dan penemudi tidak dapat menguasai laju kendaraanya sehingga mengakibatkan konflik dan kecelakaan, tidak ada marka tepi, tidak ada pju, tidak ada rambu petunjuk SPBU, tidak ada peringatan melalui alat pemberi isyarat lalu lintas. Oleh karena itu, rekomendasinya antara lain Penambahan rambu peringangatan tanjakan dan turunan , penambahan marka tepi jalan, penambahan PJU tepi jalan, penambahan rambu petunjuk lokasi SPBU dan penambahan Alat pemberi isyarat lalu lintas dengan Lampu berwarna kuning kelap-kelip. 4. Usulan Penanganan a. Ruas Jalan Palur – Batas Kabupaten Sragen (Jalan Nasional) 1. Pengadaan rambu batas kecepatan. 2. Pengadaan rambu peringatan persimpangan. 3. Pengadaan rambu peringatan daerah rawan kecelakaan. 4. Pengadaan rambu hati-hati. 5. Melakukan sosialisasi keselamatan kepada masyararakat setempat. 6. Perbaikan ukuran marka putus putus. b. Ruas Jalan Palur – Karanganyar (Jalan Provinsi) 1. Penambahan rambu peringatan persimpangan tiga sisi kiri. 322 TIM PKP KABUPATEN KARANGANYAR 2021 2. Penertiban area lalu lintas pedagang kaki lima. 3. Penambahan rambu petunjuk lokasi SPBU. 4. Penyuluhan tentang keselamatan berkendara. 5. Penambahan rambu simpang prioritas. c. Ruas Jalan Matesih – Ngadiluwih (Jalan Kabupaten) 1. Penambahan rambu peringatan tanjakan dan turunan. 2. Penambahan Marka Tepi Jalan. 3. Penambahan PJU tepi jalan. 4. Penambahan rambu petunjuk lokasi SPBU. 5. Penambahan Alat pemberi isyarat lalu lintas dengan Lampu berwarna kuning kelap-kelip (Warning Light).

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: KESELAMATAN JALAN
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin TRO
Date Deposited: 02 Dec 2022 03:26
Last Modified: 02 Dec 2022 03:26
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item View Item