ANALISIS PENERAPAN METODE HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESSMENT AND DETERMINING CONTROL DALAM IDENTIFIKASI KESELAMATAN PENUMPANG BUS DI TERMINAL

FITRIYANI, HALIMAH (2021) ANALISIS PENERAPAN METODE HAZARD IDENTIFICATION RISK ASSESSMENT AND DETERMINING CONTROL DALAM IDENTIFIKASI KESELAMATAN PENUMPANG BUS DI TERMINAL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17020203-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (400kB)
[img] Text (BAB 1)
17020203-SKRIPSI-BAB 1.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB 2)
17020203-SKIPSI-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
17020203-SKRIPSI-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
17020203-SKRIPSI-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
17020203-SKRIPSI-BAB 5.pdf

Download (157kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17020203-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian tentang Analisis Penerapan Metode Hazard Identification Risk Assessment and Determining Control dalam identifikasi keselamatan penumpang Bus di Terminal (Studi Kasus:Terminal Purabaya Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur) dapat diambil kesimpulan: 1. Berdasarakan hasil analisis mengenai identifikasi keselamatan penumpang bus di Terminal Purabaya adalah dalam penilaian risiko tiap-tiap area masih terdapat tingkat risiko bahaya yang tinggi kecuali di area pintu masuk Terminal dan pintu keluar terminal. Area keberangkatan paling banyak memiliki 3 titik potensi bahaya tingkat risiko tinggi 2. Dalam penerapan Metode Hazard Identification Risk Assessment and Determining Control dalam identifikasi keselamatan penumpang Bus di Terminal Purabaya adalah upaya agar mengetahui tinggi rendahnya potensi bahaya terhadap penumpang di Terminal Purabaya 3. Faktor yang mempengaruhi tingkat keselamatan penumpang bus diTerminal Purabaya ada dua faktor yaitu faktor manusia dan faktor fasilitas Terminal. Faktor manusia yaitu masih kurangnya kesadaran dalam mematuhi rambu-rambu yang ada di Terminal Purabaya sehingga masih banyak pelanggaran di Terminal. Faktor fasilitas yaitu masih kurangnya sumber daya manusia di terminal sehingga dalam keamanan dan ketertiban di tiap-tiap area terminal masih minim penjagaan atau pengawasan yang ketat. 4. Di masa Pandemic Covid-19 bus yang beroperasi di Terminal Purabaya Jawa Timur masih ada yang kurang laik jalan di karenakan selama pandemic, terminal Purabaya tidak melakukan pemeriksaan kendaraan atau biasa di sebut ramp check dan hanya melakukan pemeriksaan dokumen saja alasan tersebut untuk mengurangi kontak fisik dan menjaga jarak terhadap crew bus. Terminal Purabaya melakukan ramp check hanya di hari besar seperti menuju hari besar Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru saja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan penumpang, Hazard Identification Risk Assessment and Determining Control
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: Admin TRO
Date Deposited: 30 Nov 2022 06:24
Last Modified: 27 Jan 2023 04:21
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/840

Actions (login required)

View Item View Item