GENERATOR ALTERNATIF MENGGUNAKAN TERMOELEKTRIK PADA EXHAUST MANIFOLD

ANGGARA, BIMA (2021) GENERATOR ALTERNATIF MENGGUNAKAN TERMOELEKTRIK PADA EXHAUST MANIFOLD. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17020166-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB 1)
17020166-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB 2)
17020166-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
17020166-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
17020166-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
17020166-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (152kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17020166-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy

Abstract

Alternator merupakan salah satu komponen mesin yang mengubah energi mekanik dari mesin menjadi energi listrik.Energi mekanik dari mesin diterima melalui sebuah pully yang memutar rotor dan membangkitkan arus bolak – balik pada strator. Arus bolak – balik ini diubah menjadi arus searah oleh dioda. alternator dapat mengalami gangguan fungsi di antaranya adalah lampu atau sekring sering putus, bunyi berisik pada alternator, baterai tidak terisi tetapi mesin bisa distarter, low charging atau pengisian rendah, over charging atau pengisian berlebih (Marwanto, 2019). Gangguan fungsi alternator dapat menyebabkan terkurasnya daya baterai akibat sistem pengisian yang tidak bekerja sehingga menggangu sistem kelistrikan pada kendaraan Ada beberapa alternatif yang dapat mengurangi beban kinerja mesin ketika alternator mengalami kegagalan fungsi salah satunya memanfaatkan modul termoelektrik generator sebagai cadangan pengisi daya baterai yang dipasang pada exhaust manifold dengan tujuan untuk memilih tempat yang memiliki suhu tertinggi. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode research and develpoment dengan langkah – langkah mencari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan uji coba pemakaian Pada pengujian yang telah dilakukan termoelektrik generator ini dapat menghasilkan tegangan 18V dengan dengan perbedaan suhu 49,75°C yaitu suhu pemanas 95,5°C dan suhu pendingin 45,75°C.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Termoelektrik, termoelektrik generator, exhaust manifold
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: ADMIN TRO
Date Deposited: 30 Nov 2022 06:20
Last Modified: 30 Nov 2022 06:20
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/839

Actions (login required)

View Item View Item