ANALISIS RISIKO KESELAMATAN PENGUNJUNG TERMINAL GIWANGAN YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE HIRARC

NABIL, MUHAMMAD (2021) ANALISIS RISIKO KESELAMATAN PENGUNJUNG TERMINAL GIWANGAN YOGYAKARTA MENGGUNAKAN METODE HIRARC. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17020467-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB 1)
17010467-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB 2)
17010467-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
17010467-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
17010467-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
17010467-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (116kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17010467-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy

Abstract

Keselamatan pengunjung adalah salah satu hal utama yang perlu diperhatikan oleh pengelola fasilitas umum. Terutama pada fasilitas umum yang menjadi penunjang aktivitas masyarakat sehari-hari. Seperti fasilitas umum untuk menaikan dan menurunkan penumpang angkutan umum, yaitu terminal. Keselamatan di terminal perlu diperhatikan lebih lanjut mengingat adanya risiko terjadinya kecelakaan. Berdasarkan hal tersebut, maka di Terminal Giwangan perlu dilakukan analisis risiko untuk meningkatkan tingkat keselamatan pengunjung. Hal ini tidak lepas dari status Terminal Giwangan yang tergolong dalam terminal tipe A, yaitu termasuk terminal induk yang memberangkatkan angkutan umum dalam kota maupun antar kota. Status tersebut menjadikan Terminal Giwangan manjadi salah satu terminal terbesar dan tersibuk di Jawa Tengah. Menjadi terminal besar dan tersibuk tentu akan mendatangkan risiko terjadinya kecelakaan apabila terminal tidak memenuhi faktor – faktor penunjang keselamatan. Oleh karena itu analisis yang dilakukan menggunakan metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment and Risk Control). Metode ini dimulai dengan mengidentifikasi bahaya dan risiko yang ada di terminal, selanjutnya berdasarkan hasil identifikasi dilakukan penilaian dan pengendalian risiko. Hasil identifikasi menunjukan sepuluh lokasi teridentifikasinya bahaya, yaitu di pintu masuk, jalur pemberangkatan bus, jalur kedatangan bus, jalur pejalan kaki, area parkir, kantin, ruang tunggu, toilet, jalur evakuasi dan pintu keluar. Hasil identifikasi juga menunjukan faktor terjadinya bahaya adalah karena manusia dan fasilitas. Faktor manusia diwujudkan dengan pelanggaran terhadap rambu lalu lintas dan aturan terminal, sedangkan faktor fasilitas dikarenakan kurangnya fasilitas untuk menunjang keselamatan, seperti tidak adanya alat pemadam kebakaran dibeberapa area. Selanjutnya berdasarkan hasil penilaian risiko diketahui tingkat risiko tertinggi yang ada di Terminal Giwangan adalah tingkat risiko sedang. Sehingga rekomendasi yang diberikan berupa pemasangan rambu, penambahan fasilitas serta perbikan sistem pengelolaan terminal. Kata Kunci : Terminal Giwangan, Manajemen Risiko, HIRARC

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Terminal Giwangan, Manajemen Risiko, HIRARC
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 01 Dec 2022 04:36
Last Modified: 01 Dec 2022 04:36
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/755

Actions (login required)

View Item View Item