WINDYASWARI, MAYDINA LUTHFI (2021) SKRIPSI ANALISIS EFEKTIVITAS MARKA SUARA DALAM MEMBERIKAN PERINGATAN DI JALAN TOL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
17010464-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (505kB) |
|
Text (BAB 1)
17010464-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (163kB) |
|
Text (BAB 2)
17010464-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
17010464-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
17010464-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (854kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
17010464-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (170kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
17010464-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) | Request a copy |
Abstract
Angka kecelakaan lalu lintas jalan tol di Indonesia masih tergolong cukup tinggi. Salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan tol adalah kendaraan yang melaju melebihi batas kecepatan. Tindakan preventif guna mengurangi angka kecelakaan dilakukan oleh PT. JNK Toll Road. Inovasi berupa pita penggaduh yang disusun dengan jarak sedemikian rupa untuk menghasilkan sebuah nada “Happy Birthday to You”. Dikenal dengan istilah singing road, untuk memberikan peringatan yang fungsinya sebagai bentuk efek kejut dalam meningkatkan kewaspadaan pengemudi menurunkan kecepatannya, khususnya untuk kendaraan ringan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif desain non-probability sampling. Sampel penelitian adalah pengemudi mobil pribadi sebanyak 30 dengan cara teorema limit sentral di ruas Nganjuk - Caruban dan rest area KM 626 ruas Jalan Tol Ngawi – Kertosono sebanyak 60 responden yang diambil dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan survei kecepatan sesaat dan metode Google Form yang telah dilakukan uji validitas dan realibilitas. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji parametrik untuk mengetahui pengaruh pemasangan singing road terhadap penurunan kecepatan dengan pendekatan deskriptif terhadap persepsi pengemudi mobil pribadi. Hasil analisis uji t (paired sample t-test) bahwa thitung > ttabel yaitu 7.620 > 2.042 dan Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya hipotesis menyatakan bahwa ada perbedaan hasil penurunan kecepatan yang signifikan. Persepsi pengemudi terkait peringatan berupa efek kejut sebesar 15% kategori sebagian kecil terkejut dan 85% kategori sebagian besar pengemudi tidak merasa terkejut. 98% pengemudi kategori sebagian besar menurunkan kecepatannya sesuai dengan analisis uji banding kecepatan sebelum terhadap kecepatan setelah melintas singing road. Pengemudi merasa nyaman sebesar 98% kategori sebagian besar dan 100% kategori seluruhnya merasa aman melintasi marka suara. Hasil uji regresi logistik biner nilai koefisien β – 1.987 dengan nilai sig 0,074, dengan tingkat kepercayaan 95 % dapat disimpulkan bahwa variabel independen x4 memiliki pengaruh terhadap variabel dependen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Singing road, Persepsi Pengemudi, Keselamatan Jalan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | Admin RSTJ |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 04:07 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 04:07 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/746 |
Actions (login required)
View Item |