LAPORAN PRAKTEK KERJA PROFESI I DI BPTD XVII WILAYAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA

AGUSTRIANTO, AGUSTRIANTO and NURCHOLIS, IHSAN HAJI and RAHMAWATI, RAGIL KURNIA and PRASETYO, TRI and PRIMASARI, YULINAR HASTI and ARIEF, YUSUF MAULANA (2020) LAPORAN PRAKTEK KERJA PROFESI I DI BPTD XVII WILAYAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR DAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN, TEGAL. (Submitted)

[img] Text (ABSTRAK)
17010449_17010373_17010384_17010477_17010416_17010417-PKP 1-ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text (BAB 1)
17010449_17010373_17010384_17010477_17010416_17010417-PKP 1-BAB_1.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB 2)
17010449_17010373_17010384_17010477_17010416_17010417-PKP 1-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[img] Text (BAB 3)
17010449_17010373_17010384_17010477_17010416_17010417-PKP 1-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[img] Text (BAB 4)
1710449_1710373_1710384_1710477_1710416_1710417-PKP 1-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text (BAB 5)
17010449_17010373_17010384_17010477_17010416_17010417-PKP 1-BAB_5.pdf

Download (78kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1710449_1710373_1710384_1710477_1710416_1710417-PKP 1-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil analisis terkait keselamatan Kota Balikpapan yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1. Tingkat keparahan kecelakaan (severity index) dari tahun 2015 Provinsi Kalimantan Timur hingga 2019, terjadi kenaikan dan penurunan dalam hal pemenuhan target dari keselamatan nasional. a. Indeks fatalitas per 100,000 penduduk dari rentang waktu 2016 sampai 2019, terjadi penurunan angka kematian dari tahun 2015 ke 2016 sebesar 4%, dari tahun 2016 ke 2017 naik sebesar 37%, dari tahun 2017 ke 2018 turun sebesar 2% dan dari tahun 2018 ke tahun 2019 terjadi kenaikan 15%. b. Indeks fatalitas per 10,000 kendaraan terdaftar tertinggi terjadi pada tahun 2017 sebesar 3,56 kematian per 10,000 kendaraan atau terjadi 4 kematian per 10,000 kendaraan. Angka kematian dan keterlibatan kecelakaan per 10,000 kendaraan di Kota Balikpapan mengalami penurunan yang signifikan dari tahun 2018 ke 2019 yaitu hingga mencapai indeks fatalitas sebesar 0,91 atau terjadi 1 kematian per 10.000 kendaraan. 2. Analisis 2 daerah blackspot dihasilkan jalan Soekarno Hatta didapat titik Blackspot tertinggi di KM 6-7 dengan jumlah kejadian kecelakaan sebanyak 13, dan jalan MT. Haryono didapat titik blackspot tertinggi di KM 5-6 dengan jumlah kejadian kecelakaan sebanyak 4. a. Ruas jalan MT. Haryono terdapat titik yang diidentifikasi sebagai blackspot. Salah satunya yaitu persimpangan perumahan Grand City yang terdapat bukaan median sehingga dapat menyebabkan kecelakaan. Diantaranya faktor- faktor kecelakaan tertinggi yang terjadi di jalan MT. Haryono KM 5-6 yaitu berprofesi sebagai swasta, berjenis kelamin laki-laki, jenis tabrakan depan-samping,TIM PKP BPTD XVII KALTIM & KALTARA 186 faktor ceroboh dalam menyalip dan melanggar, korban meninggal dunia, dan daerah pemukiman. b. Ruas jalan Soekarno Hatta KM 6-7 terdapat faktor kecelakaan tertinggi yang disebabkan oleh jenis kendaraan roda 2, pengguna jalan berjenis kelamin laki-laki, profesi swasta, faktor kecepatan tinggi, jenis tabrakan depan-depan dan daerah pemukiman. 3. Dari analisa survei yang dilakukan didapatkan faktor kondisi jalan mempengaruhi perilaku mengemudi diantaranya yaitu: a. Jalan MT. Haryono KM 5-6 terdapat tanjakan dan turunan dengan kelandaian jalan diatas nilai rata-rata maksimal standar kelandaian yaitu 11-16%. Sehingga dalam melewati tanjakan pengguna jalan harus menambah kecepatan agar dapat melewati tanjakan, sedangkan dalam melewati turunan pengguna jalan berhati-hati karena kecepatan kendaraan bertambah sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan. b. Jalan Soekarno Hatta KM 6-7 terdapat tikungan dan kawasan pemukiman yang terhubung langsung menuju jalan nasional. Kondisi jalan Soekarno Hatta KM 6-7 rata-rata memiliki nilai IRI dengan kategori sedang. Sehingga kondisi permukaan cukup baik dilewati oleh pengguna jalan yang mengakibatkan kendaraan melaju dengan cepat

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: BPTD XVII WILAYAH KALIMANTAN TIMUR DAN KALIMANTAN UTARA, KESELAMATAN JALAN
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 01 Dec 2022 04:04
Last Modified: 01 Dec 2022 04:04
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/745

Actions (login required)

View Item View Item