MIKROSIMULASI PENERAPAN SIMPANG BERSINYAL TERKOORDINASI MENGGUNAKAN SOFTWARE VISSIM DI KABUPATEN BOYOLALI

AZHAR, DES AUFA (2020) MIKROSIMULASI PENERAPAN SIMPANG BERSINYAL TERKOORDINASI MENGGUNAKAN SOFTWARE VISSIM DI KABUPATEN BOYOLALI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17010366-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (310kB)
[img] Text (BAB 1)
17010366-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (79kB)
[img] Text (BAB 2)
17010366-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
17010366-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
17010366-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
17010366-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (62kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17010366-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu upaya peningkatan kelancaran dan keselamatan jalan ialah dengan melakukan pengaturan pada simpang agar mengurangi tundaan serta jumlah konflik lalu lintas yang terjadi sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan pada simpang. Pengaturan simpang Terminal Lama dan simpang Gambiran saat ini belum diatur menggunakan koordinasi sinyal. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian mengenai upaya peningkatan kelancaran dan keselamatan jalan pada simpang Terminal Lama dan simpang Gambiran di Kabupaten Boyolali. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif penyelesaian yang dapat meningkatkan kelancaran dan keselamatan jalan pada simpang Terminal Lama dan simpang Gambiran sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan pada kedua simpang tersebut. Metode yang digunakan dalam analisis kinerja simpang menggunakan perhitungan oleh software Vissim sedangkan metode untuk mengetahui konflik lalu lintas yang terjadi dengan menggunakan software SSAM. Langkah selanjutnya adalah memberikan alternatif penyelesaian dari permasalah kinerja dan konflik lalu lintas yaitu dengan perubahan pengaturan simpang bersinyal tidak terkoordinasi menjadi simpang bersinyal terkoordinasi yang kemudian dilakukan perbandingan dengan kondisi eksisting terkait dengan tingkat penurunan konflik lalu lintas dan kinerja simpang pada kondisi eksisting. Alternatif penanganan simpang yang dilakukan ada tiga yaitu dengan megoptimalisasi waktu siklus dan merubah fase siklus salah satu simpang, Dari ketiga alternatif tersebut kemudian dipilih alternatif kedua berupa pengoptimalan waktu siklus simpang Terminal Lama 3 fase dan penyesuaian waktu siklus simpang Gambiran dengan waktu siklus Terminal Lama karena pada alternatif ini dapat mengurangi terjadinya konflik lalu lintas sebesar 48 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Intersection, Signal Coordination, Methode, Smothness, Safety
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:25
Last Modified: 28 Nov 2022 03:25
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item View Item