KAJIAN PUTAR BALIK (U-TURN) DI BUKAAN MEDIAN TERHADAP ARUS LALU LINTAS PADA JALAN SLAMET RIYADI KAB. BATANG

FIRMANSYAH, FAN'S LAKSANA RAJA (2021) KAJIAN PUTAR BALIK (U-TURN) DI BUKAAN MEDIAN TERHADAP ARUS LALU LINTAS PADA JALAN SLAMET RIYADI KAB. BATANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
17010399-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (374kB)
[img] Text (BAB 1)
17010399-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB 2)
17010399-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
17010399-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
17010399-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
17010399-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (215kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17010399-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas masih menjadi masalah utama didalam kegiatan berkendara diIndonesia, salah satu penyebab kecelakaan yaitu konflik lalu lintas. Pada bukaan median (U-turn) terdapat banyak masalah konflik lalu lintas yang tentunya akan semakin menimbulkan korban kecelakaan jika keberadaan U-turn tidak di evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konflik dan gap acceptance pada bukaan median (U-turn) dijalan Slamet Riyadi Kabupaten Batang. Dimana pada bukaan tersebut kondisi u-turn yang ada cukup buruk dan wilayah tersebut mempunyai volume lalu lintas yang padat, sehingga sering terjadi konflik yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Metode yang digunakan yaitu TCT untuk analisis konflik dan metode Raff untuk analisis Gap Acceptance. Tujuan dari penelitian ini mengetahui tingkat keselamatan berdasarkan konflik lalu lintas dan gap acceptance. Dari hasi penelitian diperoleh jumlah konflik serius sebanyak 18 kejadian dan non serius sebanyak 9 kejadian. Jumlah konflik tertinggi terdapat pada sepeda motor (MC) dengan jumlah konflik 15 dimana 10 serius dan 5 non serius, jenis konflik yang paling banyak terjadi yaitu merging yang presentasenya mencapai 58%. Pada penelitian juga diperoleh nilai gap kritis sebesar 4,25 detik. Kata kunci: Bukaan median, konflik lalu lintas, gap acceptance

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bukaan median, konflik lalu lintas, gap acceptance
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: Admin RSTJ
Date Deposited: 28 Nov 2022 03:03
Last Modified: 28 Nov 2022 03:03
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item View Item