AFAFA, AHMAD ZUL and AKRIANTO, BINARYO ADHINUGROHO and WIDYANTI, EMI and WIJAYANTI, FIRDAUSI and ZAENURI, HANIF YUSFAULA and SARI, SEPTI MELLIANA (2022) LAPORAN PRAKTEK KERJA PROFESI II DI BALAI PENGELOLA TRANSPORTASI DARAT (BPTD) WILAYAH VI PROVINSI BENGKULU DAN LAMPUNG. Project Report. POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN. (Submitted)
Text (ABSTRAK)
18010482_18010486_18010489_18010493_18010535_18010571-PKP2-ABSTRAK.pdf Download (610kB) |
|
Text (BAB 1)
18010482_18010486_18010489_18010493_18010535_18010571-PKP2-BAB_1.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 2)
18010482_18010486_18010489_18010493_18010535_18010571-PKP2-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
18010482_18010486_18010489_18010493_18010535_18010571-PKP2-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
18010482_18010486_18010489_18010493_18010535_18010571-PKP2-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (767kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
18010482_18010486_18010489_18010493_18010535_18010571-PKP2-BAB_5.pdf Restricted to Registered users only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 6)
18010482_18010486_18010489_18010493_18010535_18010571-PKP2-BAB_6.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 7)
18010482_18010486_18010489_18010493_18010535_18010571-PKP2-BAB_7.pdf Download (363kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
18010482_18010486_18010489_18010493_18010535_18010571-PKP2-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
Abstract
Terminal menjadi sarana transportasi yang digunakan oleh penumpang untuk melakukan pergantian moda angkutan umum, jika ditinjau dari sistem jaringan, terminal berfungsi sebagai penunjang kelancaran mobilisasi orang dan arus barang serta tempat perpaduan intra dan antar moda secara lancar dan tertib. Aktivitas truk muatan berlebih atau yang biasa disebut dengan Over Dimension Over Load (ODOL) saat ini semakin meningkat, persyaratan teknis dan laik jalan diabaikan, para pelaku usaha kurang patuh pada hukum yang mengakibatkan kecelakaan meningkat dan kerusakan infrastruktur jalan. Identifikasi daerah rawan kecelakaan adalah peninjauan untuk mengetahuiperingkat lokasi yang berbahaya pada suatu ruas jalan. Hasil dari dilakukannya pemeringkatan tersebut digunakan untuk kemudian diberikan penanganan yang sesuai dalam mengurangi jumlah kecelakaan yang ada.1) BPTD VI Bengkulu dan Lampung memiliki satuan pelayanan terminal berjumlah 4 terminal yaitu Terminal Rajabasa dan Terminal Betan Subing berada di Provinsi Lampung, sedangkan Terminal Simpang Nangka dan Terminal Air Sebakul berada di Provinsi Bengkulu. Saat ini terdapat 2 terminal yang beroperasi yaitu Terminal Rajabasa dan Terminal Simpang Nangka. Terminal Betan Subing dan Terminal Air Sebakul sudah tidak beroperasi dikarenakan terjadi gempa yang melanda pada tahun 2000 yang mengakibatkan bangunan terminal rusak berat sehingga tidak dioperasikan kembali sampai saat ini. 1) BPTD VI Bengkulu dan Lampung memiliki satuan pelayanan UPPKB berjumlah 4 UPPKB. Terdapat 2 UPPKB terletak di Provinsi Lampung yaitu UPPKB Way Urang dan UPPKB Simpang Pematang. Terdapat 2 UPPKB yang berada di Provinsi Bengkulu yaitu UPPKB Blambangan Umpu dan UPPKB Padang Ulak Tanding. Saat ini hanya 2 UPPKB yang beroperasi yaitu UPPKB Way Urang dan UPPKB Padang Ulak Tanding, UPPKB Simpang Pematang sudah tidak aktif dikarenakan peralatan yang ada sudah tidak berfungsi dan gedung yang ada kurang memadai. Untuk UPPKB Blambangan Umpu statusnya saat ini sudah tidak aktif, peralatan yang ada sudah tidak berfungsi dan gedung yang ada kurang memadai.3) Berdasarkan data dan grafik di atas dapat disimpulkan bahwa jumlah kecelakaan di Provinsi Lampung dari tahun 2017-2021 total secara keseluruhan terdapat 10271 jumlah kecelakaan. Polres Lampung Tengah menempati urutan pertama dengan jumlah kecelakaan sebanyak 1729. Berdasarkan data kecelakaan di wilayah Lampung Tengah yang telah dianalisis menggunakan metode EAN menghasilkan 11 ruas jalan yang dikategorikan sebagai daerah rawan kecelakaan. Ruas Jalan dengan EAN tertinggi terdapat pada wilayah Way Pengubuan dengan nilai AEK 78 dan wilayah Humas Jaya dengan nilai AEK 51. The terminal is a means of transportation used by passengers to change modes of public transportation, when viewed from the network system, the terminal serves as a support for the smooth and orderly mobilization of people and the flow of goods as well as a place for intra and intermodal integration. The activities of overloaded trucks or commonly referred to as Over Dimension Over Load (ODOL) are currently increasing, technical requirements and roadworthiness are being ignored, business actors are not complying with the law which results in increased accidents and damage to road infrastructure. Identification of accident-prone areas is a review to determine the ranking of dangerous locations on a road segment. The results of the ranking are used to then be given appropriate handling in reducing the number of accidents. 1) BPTD VI Bengkulu and Lampung have terminal service units totaling 4 terminals, namely Rajabasa Terminal and Betan Subing Terminal located in Lampung Province, while Simpang Nangka and Terminal Simpang Nangka and Sebakul Air Terminal is located in Bengkulu Province. Currently, there are 2 operating terminals, namely Rajabasa Terminal and Simpang Nangka Terminal. Betan Subing Terminal and Sebakul Air Terminal are no longer operating due to the earthquake that hit in 2000 which resulted in the terminal building being heavily damaged so that it is not operated again until now. 1) BPTD VI Bengkulu and Lampung have UPPKB service units totaling 4 UPPKB. There are 2 UPPKB located in Lampung Province, namely UPPKB Way Urang and UPPKB Simpang Pematang. There are 2 UPPKB in Bengkulu Province, namely UPPKB Blambangan Umpu and UPPKB Padang Ulak Tanding. Currently only 2 UPPKB are operating, namely UPPKB Way Urang and UPPKB Padang Ulak Tanding, UPPKB Simpang Pematang is no longer active because the existing equipment is no longer functioning and the existing building is inadequate. For UPPKB Blambangan Umpu, the status is currently inactive, the existing equipment is no longer functioning and the existing buildings are inadequate. 3) Based on the data and graphs above, it can be concluded that the number of accidents in Lampung Province from 2017-2021 totals 10271 number of accidents. Central Lampung Police ranks first with the number of accidents as many as 1729. Based on accident data in the Central Lampung region which has been analyzed using the EAN method, 11 roads are categorized as accident-prone areas. The road section with the highest EAN is found in the Way Pengubuan area with an AEK 78 value and the Humas Jaya area with an AEK 51 value.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KESELAMATAN, DAERAH RAWAN KECELAKAAN, KECEPATAN |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 18.01.0489 18.01.0489 |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 07:19 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 07:38 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/59 |
Actions (login required)
View Item |