LAPORAN KERTAS KERJA WAJIB OPTIMALISASI PROSES PENGUJIAN ULANG KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR KABUPATEN SEMARANG

RAMADHAN, MUHAMMAD RIJAL (2021) LAPORAN KERTAS KERJA WAJIB OPTIMALISASI PROSES PENGUJIAN ULANG KENDARAAN BERMOTOR MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR KABUPATEN SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18.III.0530-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[img] Text (BAB 1)
18.III.0530-KKW-BAB_1.pdf

Download (133kB)
[img] Text (BAB 2)
18.III.0530-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text (BAB 3)
18.III.0530-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text (BAB 4)
18.III.0530-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
18.III.0530-KKW-BAB_5.pdf

Download (133kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18.III.0530-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi terjadi begitu cepat. Seluruh sudut kehidupan telah tersentuh teknologi, salah satunya adalah Pengujian Kendaraan Bermotor. Kegiatan Pengujian terbagi menjadi dua, yaitu administrasi dan teknis. Tidak semua kendaraan akan lulus dalam pengujian dan hal tersebut mengharuskan siapa saja yang tidak lolos harus melakukan kegiatan uji ulang. Namun, pada seksi Pengujian Kendaraan Bermotor daerah, uji ulang masih dilakukan secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun suatu proses uji ulang berbasis aplikasi android yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan kegiatan uji ulang kendaraan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dan waterfall model dalam pembuatan aplikasi. Sampel yang digunakan adalah 59 kendaraan untuk uji beda waktu uji ulang dan 30 responden untuk pengisian kuesioner. Alat bantu SPSS digunakan untuk mengolah uji beda Paired Sample T –Test untuk mengukur angka signifikansi perbedaan metode kertas dan aplikasi. Peneliti juga memberikan kuesioner aplikasi dan usability testing kepada 30 responden untuk mengukur tingkat efektivitas aplikasi uji ulang kendaraan bermotor. Hasil rata – rata untuk uji ulang metode kertas sebesar 539,7673 detik dan metode aplikasi sebesar 278,9853 detik. Hasil signifikansi pada Paired Sample T – Test yaitu 0,000 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan dari kedua variabel. Hasil kuesioner berdasarkan perhitungan uji validitas menghasilkan 9 item valid dan 1 item tidak valid dengan semua indikator dikatakan reliabel karena masing – masing indikator nilai perhitungan reliabilitas > 0,6. Hasil usability testing terhadap aplikasi mendapatkan angka 76,75% dan masuk dalam kategori layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengujian Kendaraan Bermotor, Uji Ulang Kendaraan Bermotor, Aplikasi Uji Ulang Kendaraan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: Admin TO
Date Deposited: 28 Nov 2022 00:44
Last Modified: 28 Nov 2022 00:44
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/584

Actions (login required)

View Item View Item