KAJIAN PENANGANAN LOKASI RAWAN KECELAKAAN DI KABUPATEN CIREBON (STUDI KASUS - JALAN GRONGGONG KABUPATEN CIREBON)

PRAYOGA, M RASYID HELMI (2022) KAJIAN PENANGANAN LOKASI RAWAN KECELAKAAN DI KABUPATEN CIREBON (STUDI KASUS - JALAN GRONGGONG KABUPATEN CIREBON). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18010585_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (395kB)
[img] Text (BAB 1)
18010585_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (126kB)
[img] Text (BAB 2)
18010585_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18010585_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18010585_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18010585_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (120kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010585_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jalan gronggong dengan kondisi jalan banyak memliki tikungan tajam dan lereng yang curam. Jalan gronggong mempunyai kondisi geometrik jalan yang sangat berbahaya untuk dilalui oleh pengendara mobil dan sepeda motor sehingga banyak terjadi kasus kecelakaan. Tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik penyebab kecelakaan dijalan gronggong, kondisi umum dijalan gronggong, dan rekomendasi untuk penanganan lokasi rawan kecelakaan di jalan gronggong. Metode penelitian dengan cara mengumpulkan data primer dan sekunder untuk melakukan inspeksi kecelakaan. Data primer berupa data jumlah penyebab kecelakaan, presentase penyebab kecelakaan, dan jenis kecelakaan. Data sekunder berupa data volume lalu lintas, data kecepatan kendaraan, data geometrik jalan ruas gronggong, dan data inventarisasi di ruas jalan gronggong. Data kecelakaan dianalisis dengan cara menggolongkan jenis-jenis kecelakaan, jumlah korban kecelakaan, kerugian material, dan presentase penyebab kecelakaan. Analisis Data volume lalu lintas dan Data kecepataan sesaat menggunakan rumus dari MKJI. Analisis Data inventarisasi jalan dan geomertik jalan menggunakan inspeksi kecelakaan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kejadian kecelakaan di jalan gronggong pada tahun 2019 berjumlah 30 kecelakaan, ditahun 2020 berjumlah 13 kecelakaan, dan ditahun 2021 berjumlah 16 kecelakaan. LHR di jalan gronggong arah cirebon yaitu 902,17 Kend/jam, Di arah kuningan yaitu 994,67 kend/jam. Kapasitas di ruas jalan gronggong yaitu 3175,2 smp/jam. Tipe jalan 2/2 UD, lebar jalan 8,2 M. Setiap lajurnya 4,1 M. V/C rationya 1443,63 smp/jam, derajat kejenuhan 0,45. Elevasi diruas jalan gronggong tersebut 17,6%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: JALAN GRONGGONG,CRK,INSPEKSI KECELAKAAN
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0585 18.01.0585
Date Deposited: 24 Aug 2022 05:13
Last Modified: 24 Aug 2022 05:13
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/553

Actions (login required)

View Item View Item