PENGARUH PENCAMPURAN ZAT ADITIF (ECO RACING) DENGAN BAHAN BAKAR SOLAR TERHADAP EMISI GAS BUANG, SUHU MESIN, KONSUMSI BAHAN BAKAR

ATMAJA, NAUFALDI DWI (2022) PENGARUH PENCAMPURAN ZAT ADITIF (ECO RACING) DENGAN BAHAN BAKAR SOLAR TERHADAP EMISI GAS BUANG, SUHU MESIN, KONSUMSI BAHAN BAKAR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18020273-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (602kB)
[img] Text (BAB 1)
18020273-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (172kB)
[img] Text (BAB 2)
18020273-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18020273-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18020273-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18020273-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (169kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18020273-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB) | Request a copy

Abstract

Kendaraan yang terus bertambah setiap tahunnya tidak diimbangi dengan pasokan bahan bakar yang kian hari semakin menipis menyebabkan polusi udara dari gas buang kendaraan semakin hari semakin mencemari lingkungan. Salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mencampurkan zat aditif pada bahan bakar. Pada penelitian ini zat aditif yang digunakan adalah eco racing. Eco racing berfungsi sebagai peningkat nilai cetane maupun oktan sehingga kinerja mesin dan proses pembakaran menjadi sempurna. Metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pencampuran zat aditif eco racing 1 hingga 2 butir terhadap emisi gas buang. Untuk mengetahui hasil uji konsumsi bahan bakar dan suhu mesin, selang bahan bakar menuju tanki diganti dengan selang bahan bakar yang terhubung ke gelas ukur. Sedangkan hasil uji suhu mesin setiap 30 detik diukur satu titik di kepala silinder. Dari hasil penelitian yang dilakukan penambahan zat aditif eco racing dapat menurunkan opasitas sebesar 5-7%. Pada konsumsi bahan bakar setelah bahan bakar dicampurkan 1 hingga 2 butir zat aditif eco racing menghabiskan 1 liter bahan bakar lebih lama dibandingkan saat bahan bakar tidak dicampurkan eco racing. Pada suhu mesin juga mengalami perubahan sebelum dan setelah bahan bakar solar dicampurkan zat aditif. Setelah bahan bakar solar dicampurkan zat aditif eco racing proses suhu mesin menuju suhu optimal lebih cepat dibandingkan saat bahan bakar tidak dicampurkan zat aditif eco racing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Eco Racing, Emisi Gas Buang, Konsumsi Bahan Bakar, Suhu Mesin
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 18.02.0273 18.02.0273
Date Deposited: 23 Aug 2022 04:02
Last Modified: 23 Aug 2022 04:02
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/537

Actions (login required)

View Item View Item