ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN CATALYTIC CONVERTER BERBAHAN STAINLESS STEEL DAN TEMBAGA TERHADAP EMISI GAS BUANG MESIN BENSIN

HASAN, MUHAMMAD THORIQ (2022) ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN CATALYTIC CONVERTER BERBAHAN STAINLESS STEEL DAN TEMBAGA TERHADAP EMISI GAS BUANG MESIN BENSIN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19030619-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (557kB)
[img] Text (BAB 1)
19030619-KKW-BAB_1.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB 2)
19030619-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19030619-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19030619-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19030619-KKW-BAB_5.pdf

Download (164kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19030619-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan jumlah kendaraan bermotor dari tahun ketahun semakin meningkat. Peningkatan jumlah sepeda motor dapat meningkatkan emisi gas buang yang berdampak langsung terhadap penurunan kualitas udara yang menyebabkan berbagai macam penyakit diantanya kesukaran bernafas apabila terhirup oleh manusia. Salah satu upaya untuk mengurangi dampak emisi gas buang adalah dengan penambahan alat pengendali emisi gas buang seperti Catalytic converter. Catalytic converter merupakan mekanisme pengontrol emisi gas buang yang berfungsi untuk mempercepat oksidasi gas buang yang bertujuan untuk merubah CO menjadi CO2 dan HC menjadi H2O sehingga emisi gas buang yang dikeluarkan oleh kendaraan relative lebih bersih. Pemasangan Catalytic converter pada saluran gas buang yang menggunakan bahan logam katalis Pb, Pt, dan Rh saat ini memerlukan biaya yang cukup mahal dalam pembuatannya, sulit didapat, dan kelimpahannya sedikit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Pengujian dilakukan menggunakan kendaraan bermotor jenis pick up Mitsubishi Colt T120SS, untuk pengujian emisi gas CO dan HC dilakukan dengan meggunakan knalpot standar dan menggunakan knalpot yang ditambahi catalytic converter berbahan tembaga dan stainless steel. Pengujian dilakukan dengan putaran mesin idle, 2500 rpm, dan 3500 rpm. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan knalpot dengan catalytic converter berbahan stainless steel dapat menurunkan kadar emisi gas buang dengan persentase penurunan kadar CO sebesar 67,2% dan persentase HC sebesar 33,6% pada putaran mesin 3500 rpm. Sedangkan, knalpot dengan catalytic converter berbahan tembaga mampu menurunkan kadar emisi gas buang dengan persentase penurunan kadar CO sebesar 75,4% dan persentase HC sebesar 37,3% pada putaran mesin 3500 rpm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Catalytic Converter, Katalis Tembaga, Katalis Stainless Steel, Emisi Gas CO dan HC
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 19.03.0619 19.03.0619
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:57
Last Modified: 18 Aug 2022 03:57
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item