RANCANG BANGUN ALAT PEMECAH KACA OTOMATIS DAN WATER MIST SAAT TERJADI KEBAKARAN DI BUS BERBASIS ARDUINO

WIDYANTARA, MUHAMMAD GALIH (2022) RANCANG BANGUN ALAT PEMECAH KACA OTOMATIS DAN WATER MIST SAAT TERJADI KEBAKARAN DI BUS BERBASIS ARDUINO. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18020238-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB1)
18020238-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (67kB)
[img] Text (BAB2)
18020238-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB3)
18020238-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB4)
18020238-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text (BAB5)
18020238-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (64kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18020238-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy

Abstract

Kebakaran merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan, kebakaran adalah suatu reaksi antara beberapa komponen yang saling mendukung menyebabkan terjadinya api. Kebakaran tidak langsung terjadi dalam keadaan besar kebanyakan kebakaran bermula dari api kecil, kemudian membesar. Penyebab dari kebakaran berbeda-beda, ada yang disebabkan karena perilaku manusia (human error) seperti merokok, kondisi alam misalnya tersambar petir, dan yang paling sering terjadi karena instalasi kelistrikan karena konsleting. Selama ini apabila terjadi kebakaran di dalam kendaraan umum khususnya bus, pengguna transportasi umum hanya mengandalkan APAR yang digunakan untuk memadamkan kebakaran. Penelitian ini bertujuan untuk meminimalisir dampak kerugian dan korban yang disebabkan karena kebakaran khususnya pada kendaraan bus. Reseach and Development merupakan metode yang tepat dalam perancangan alat ini. R&D adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan metode tersebut. Penggunaan mikrokontroler Arduino sangat membantu dalam pembuatan alat ini, ditambah dengan beberapa komponen seperti sensor, actuator yang berperan penting dalam memaksimalkan fungsi alat ini. Flame sensor dan DHT11 yang berfungsi sebagai input yang mendeteksi nyala api dan suhu di dalam kabin. Penelitian ini berhasil dibuat dan diuji cobakan menggunakan simulasi kebakaran dengan menggunakan flame sensor dan suhu DHT11 sebagai inputnya. Alat dapat memecahkan kaca polos dengan ketebalan 2 mm, 3 mm, 4 mm dengan jarak 2cm, kaca tempered mobil dengan ketebalan 4 mm dan berhasil memadamkan api berdasarkan jarak 60 cm, 80 cm, dan 100 cm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kebakaran, flame sensor, water mist
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 18.02.0238 18.02.0238
Date Deposited: 19 Aug 2022 00:57
Last Modified: 19 Aug 2022 00:57
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item View Item