ANALISIS KEBUTUHAN PERBAIKAN FASILITAS PEJALAN KAKI DI JALAN CENDRAWASIH KABUPATEN BREBES JAWA TENGAH

YUSTSIO, DIMAS ADE (2022) ANALISIS KEBUTUHAN PERBAIKAN FASILITAS PEJALAN KAKI DI JALAN CENDRAWASIH KABUPATEN BREBES JAWA TENGAH. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
18010574-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (822kB)
[img] Text (BAB 1)
18010574-SKRIPSI-BAB 1.pdf

Download (398kB)
[img] Text (BAB 2)
18010574-SKRIPSI-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18010574-SKRIPSI-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18010574-SKRIPSI-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18010574-SKRIPSI-BAB 5.pdf

Download (398kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010574-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sarana dan prasarana pejalan kaki harus ditingkatkan untuk mendukung keselamatan pejalan kaki, sebab pejalan kaki merupakan unsur yang paling rentan ketika terjadi benturan karena tidak memiliki pengaman seperti alat transportasi lainnya dalam melakukan aktivitas. Dari hasil pengamatan pada jalan Cendrawasih kabupaten Brebes terlihat masih kurangnya fasilitas pejalan kaki yang berdampak pada keinginan masyarakat untuk berjalan kaki sehingga perlu adanya pembenahanan fasilitas pejalan kaki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kondisi eksisting fasilitas pejalan kaki, tingkat kepuasaan pejalan kaki, serta memberikan usulan fasilitas yang sesuai. Dalam menentukan usulan fasilitas yang sesuai, penelitian ini berpedoman pada SE Mentri PUPR No 02 (2018) serta menggunakan metode PV2 dan metode Kano guna mengetahui tingkat kepuasan pejalan kaki. Dari hasil Analisis menyatakan bahwa tingkat pelayanan pejalan kaki sisi Utara memiliki tingkat pelayanan C dimana untuk ruang pejalan kaki dengan nilai 2,04 (m²/org) , arus pejalan kaki dengan nilai 7,13 (org/mnt/m), kecepatan pejalan kaki dengan nilai 35,95 (m/mnt) dan V/C ratio dengan nilai 0,29, Sedangkan tingkat pelayanan pejalan kaki sisi Selatan memiliki tingkat pelayanan C dimana untuk ruang pejalan kaki dengan nilai 2,17 (m²/org), arus pejalan kaki dengan nilai 6,82 (org/mnt/m), kecepatan pejalan kaki dengan nilai 35,77 (m/mnt) dan V/C ratio dengan nilai 0,32. Sementara itu, dari analisis Kano dapat diketahui bahwa populasi pejalan kaki di jalan Cendrawasih tidak puas terhadap fasilitas yang tersedia dengan tingkat kekecewaan lebih tinggi yaitu -0,93 dari tingkat kepuasannya yaitu 0,47. Usulan fasilitas pejalan kaki yang disarankan antara lain pelebaran trotoar, permukaan Jalur Pejalan kaki, penerangan, perambuan dan fasilitas penyeberangan yang aman (Pelican Crossing). Kata Kunci : Pejalan Kaki, Tingkat Pelayanan, Metode Kano

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pejalan Kaki, Tingkat Pelayanan, Metode Kano
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0574 18.01.0574
Date Deposited: 18 Aug 2022 07:42
Last Modified: 18 Aug 2022 07:42
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/486

Actions (login required)

View Item View Item