IHZA PANGESTU, SYAFIQ (2022) PENGARUH TEKANAN ANGIN BAN TERHADAP JARAK PENGEREMAN PADA MOBIL SUZUKI PICK UP. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
19030626-KKW-ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 1)
19030626-KKW-BAB 1.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 2)
19030626-KKW-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
19030626-KKW-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
19030626-KKW-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (911kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
19030626-KKW-BAB 5.pdf Download (172kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
19030626-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) | Request a copy |
Abstract
Faktor kendaraan menjadi salah satu faktor yang sering menyebabkan kecelakaan. Hal yang sering terjadi pada kecelakaan akibat faktor kendaraan adalah karena rem tidak berfungsi atau tidak bekerja dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tekanan angin ban terhadap jarak pengereman. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh sebab akibat variabel bebas terhadap varabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu kecepatan (20 Km/Jam, 40 Km/Jam, dan 60 Km/Jam) dan tekanan angin ban (19 psi, 24 psi, 29 psi, 34 psi, 39 psi). Sementara variabel terikatnya adalah jarak pengereman dan efisiensi pengereman. Jarak pengereman terpanjang dalam penelitian ini terjadi pada pengereman dengan variasi kecepatan tertinggi dan tekanan angin ban tertinggi. Sedangkan jarak pengereman terpendek terjadi pada pengereman dengan variasi kecepatan terendah dan tekanan angin terendah. Kecepatan kendaraan dan tekanan angin ban berpengaruh terhadap jarak pengereman yang dibuktikan dengan hasil penelitian bahwa semakin tinggi variasi kecepatan dan tekanan angin ban maka jarak pengeremannya semakin panjang. Semakin rendah variasi kecepatan dan tekanan angin ban maka jarak pengeremannya semakin pendek.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecepatan, tekanan angin ban, jarak pengereman, dan efisiensi pengereman |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Depositing User: | 19.03.0626 19.03.0626 |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 07:44 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 02:59 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/458 |
Actions (login required)
View Item |