SKRIPSI KAJIAN PENANGANAN LOKASI RAWAN KECELAKAAAN (STUDI KASUS : RUAS JALAN RAYA BUNTU – BANYUMAS)

HUBERTA, ALPHA GRISELDA (2022) SKRIPSI KAJIAN PENANGANAN LOKASI RAWAN KECELAKAAAN (STUDI KASUS : RUAS JALAN RAYA BUNTU – BANYUMAS). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN TEGAL.

[img] Text (ABSTRAK)
18010513-ABSTRAK.pdf

Download (656kB)
[img] Text (BAB 1)
18010513-BAB 1.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB 2)
18010513-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
18010513-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
18010513-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18010513-BAB 5.pdf

Download (141kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
18010513-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah faktor kendaraan, dan faktor geometrik jalan. Kecelakaan rem blong berulang kali terjadi di geometrik jalan menurun. Dalam upaya meminimalisir kecelakaan, pencegahan dapat dilakukan dengan peningkatan keselamatan melalui perbaikan perlengkapan jalan. Penelitian ini menggunakan ebebrapa metode yaitu, metode Root Cause Analysist (RCA) untuk mencari akar penyebab kecelakaan yang berulang dengan penyebab yang sama. Metode Road Accident Mapping untuk melihat sebaran lokasi kecelakaan, sehingga bisa digunakan untuk menentukan lokasi rawan kecelakaan, dan mengukur kemiringan jalan. Metode Percentile 85 untuk mengetahui kecepatan rata�rata kendaraan yang melintas, lalu untuk menentukan batas kecepatan aman menggunakan pendekatan fisika yang menghitung energi mekanik yang dihasilkan kendaraan dijalan menurun dan menghubungkan dengan kalor yang dihasilkan dikampas rem, dan kemudian membandingkannya dengan kapasitas maksimal kampas rem, sehingga dapat menetukan batas kecepatan aman. Berdasarkan hasil pengolahan data, karakteristik kecelakaan yang sering terjadi di ruas Jalan Buntu-Banyumas adalah Out Of Control. Dari hasil analisis perhitungan, diketahui kecepatan aman yang sesuai dengan lokasi rawan kecelakaan pada ruas Jalan Buntu-Banyumas km 0.7-km 4.5 adalah 20 km/jam. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keselamatan pada lokasi rawan kecelakaan yaitu menambahkan rambu batas kecepatan, menambahkan rambu peringatan untuk menggunakanngigi rendah 1, melakukan perbaikan serta perawatan kepada perlengkapan jalan yang sudah ada, dan membuat jalur penyelamatan untuk meredam laju kendaraan yang kehilangan kendali ketika terjadi rem blong. Kata kunci : Rem blong, Energi Mekanik, Termodinamika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rem blong, Energi Mekanik, Termodinamika.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 18.01.0513 18.01.0513
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:25
Last Modified: 16 Aug 2022 04:25
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/456

Actions (login required)

View Item View Item