ANALISIS PENGARUH KEDALAMAN ALUR BAN SESUAI GVW (GROSS VEHICLE WEIGHT ) TERHADAP HASIL UJI SPEEDOMETER TESTER

ARISTA, ARISTA (2022) ANALISIS PENGARUH KEDALAMAN ALUR BAN SESUAI GVW (GROSS VEHICLE WEIGHT ) TERHADAP HASIL UJI SPEEDOMETER TESTER. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19030606-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (925kB)
[img] Text (BAB 1)
19030606-KKW-BAB_1.pdf

Download (69kB)
[img] Text (BAB 2)
19030606-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19030606-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19030606-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19030606-KKW-BAB_5.pdf

Download (80kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19030606-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan data dari KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) pada tahun 2007 sampai 2016 di Indonesia terdapat jenis kecelakaan lalu lintas yaitu, sebanyak 29,7 % karena terguling, 65,5% karena tertabrak dan 4,7% karena terbakar. Tingginya angka kecelakaan akibat tertabrak dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya akurasi alat penunjuk kecepatan yang tidak berfungsi secara optimal. Penunjuk kecepatan dalam uji berkala di ukur menggunakan alat uji Speedometer tester. Speedometer tester merupakan alat yang terdiri dari roller, lift, dan rotary encorder (pembaca kecepatan ). Dengan fungsi roller sebagai tumpuan roda saat melakukan pengujian maka dalam hal ini ban adalah faktor pendukung, kondisi ban yang buruk dapat mengakibatkan ketidak akuratan hasil penunjuk kecepatan, juga memungkinkan terjadinya selip antara roller dan ban. Studi ini bertujuan untuk menentukan pengaruh kedalaman alur ban dan berat kendaraan terhadap keakuratan hasil uji speedometer tester yang di ukur pada kecepatan 40 km/jam. Pada penelitian ini menggolongkan 2 kualifikasi kendaran yaitu, JBB dibawah 3500 kg dan diatas 3500 kg dengan masing masing 59 sampel. Analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Dari hasil pengujian persamaan regresi kendaraan dibawah 3500 kg t hitung pada kedalaman alur ban sebesar 2.635 > t tabel yaitu sebesar 2.003 kemudian t hitung pada JBB sebesar 3.071 > t table yaitu sebesar 2.003, selanjutnya F hitung pada kedalaman alur ban dan JBB sebesar 13.608 > F table sebesar 3.159. Untuk persamaan regresi kendaraan diatas 3500 kg t hitung pada kedalaman alur ban sebesar 2.198 > t table yaitu sebesar 2.003 kemudian t hitung pada JBB sebesar 2.359 > t table yaitu sebesar 2.003, selanjutnya F hitung pada kedalaman alur ban dan JBB sebesar 34.730 > F table sebesar 3.159 nilai R-square atau besarnya pengaruh adalah 54.4%. Hasil penelitian di dapatkan kedalaman alur ban dan JBB secara parsial dan secara bersama-sama berpengaruh terhadap keakuratan hasil uji speedometer tester.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kedalaman alur ban, JBB, hasil uji speedometer tester.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 19.03.0606 19.03.0606
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:27
Last Modified: 16 Aug 2022 07:27
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/435

Actions (login required)

View Item View Item