ANALISIS PENURUNAN TEKANAN UDARA PENGEREMAN PADA KENDARAAN DENGAN SISTEM REM FULL AIR BRAKE TERHADAP EFISIENSI PENGEREMAN

YULIANTO, WAHYU SETIA DWI (2022) ANALISIS PENURUNAN TEKANAN UDARA PENGEREMAN PADA KENDARAAN DENGAN SISTEM REM FULL AIR BRAKE TERHADAP EFISIENSI PENGEREMAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19030630-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (545kB)
[img] Text (BAB 1)
19030630-KKW-BAB_1.pdf

Download (73kB)
[img] Text (BAB 2)
19030630-KKW-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19030630-KKW-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19030630-KKW-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19030630-KKW-BAB_5.pdf

Download (63kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19030630-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy

Abstract

Sistem pengereman pada kendaraan harus memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan, selain itu juga gaya kendali pedal pada saat pengereman juga berpengaruh terhadap efisiensi pengereman, contohnya pada sistem rem angin (full air brake) jika digunakan terus menerus (service brake) akan membuat tekanan udara pada tangki penyimpanan udara akan cepat habis. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penggunaan rem utama (service brake) pada sistem rem full air brake secara terus menerus akan membuat tekanan pada air tank akan cepat penurunannya sehingga dapat mempengaruhi hasil uji efisiensi pengereman Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan mengamati dan memeriksa secara langsung sistem pengereman rem angin dan tekanan udara pada air tank yang bertujuan untuk mengetahui sebab akibat (kausalitas) antara variabel bebas yaitu penurunan tekanan udara pada air tank dan variabel terikat yaitu hasil efisiensi pengereman. Dan diiolah menggunakan Mirosoft Exel pengolahan statistik deskriptif menyajikan deskripsi atau gambaran pada suatu data sehingga data tersebut dapat diukur dengan nilai rata-rata (mean), nilai minimum, nilai maksimum. Dari data hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa semakin seringnya pengemudi menginjak rem semakin besar penurunan tekanan udara pada air tank, dan besar tekanan udara pada air tank mempengaruhi efisiensi pengereman. Dibuktikan dari hasil penelitian pada tekanan angin air tank terendah sebesar 5 bar dengan hasil uji pengeremannya sebesar 47%. Dan tekanan udara pada air tank tertinggi sebesar 10 bar dengan hasil uji efisiensi pengeremannya sebesar 79%. Disimpulkan bahwa besar tekanan angin pada air tank dapat mempengaruhi hasil uji efisiensi rem. Kata Kunci: Air tank rem angin, Besar tekanan rem, Hasil Uji Efisiensi Rem

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Air tank rem angin, Besar tekanan rem, Hasil Uji Efisiensi Rem
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 19.03.0630 19.03.0630
Date Deposited: 16 Aug 2022 07:24
Last Modified: 16 Aug 2022 07:24
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/430

Actions (login required)

View Item View Item