KERTAS KERJA WAJIB PENGARUH KEDALAMAN ALUR DAN TEKANAN ANGIN BAN TERHADAP PENGEREMAN MENGGUNAKAN METODE ROAD TEST

PUTRA, SHELSA MAFILIJA (2022) KERTAS KERJA WAJIB PENGARUH KEDALAMAN ALUR DAN TEKANAN ANGIN BAN TERHADAP PENGEREMAN MENGGUNAKAN METODE ROAD TEST. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img] Text (ABSTRAK)
19030624-KKW-ABSTAK.pdf

Download (731kB)
[img] Text (BAB 1)
19030624-KKW_BAB 1.pdf

Download (64kB)
[img] Text (BAB 2)
19030624-KKW_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
19030624-KKW_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
19030624-KKW_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
19030624-KKW_BAB 5.pdf

Download (67kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
19030624-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas di jalan disebabkan oleh berbagai macam faktor diantaranya : faktor Sumber Daya Manusia, faktor kendaraan, faktor lingkungan dan faktor prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedalaman alur ban dan tekanan angin ban terhadap pengereman yang dilakukan pada jalan aspal dan cor beton. Pengujian road test dapat dilakukan sebagai alternatif cara mengetahui hasil pengereman tanpa menggunakan alat uji brake tester. Dengan menghitung perlambatan rumus s=v²/2a dengan kecepatan 40 km/ jam. Pada penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian ini menggunakan kedalaman alur ban 0,3 mm , dan 7,7 mm dengan tekanan angin ban 54 Psi, 44 Psi, dan 64 Psi. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu kedalaman alur ban dan tekanan angin ban kemudian variabel terikat pada penelitian ini yaitu efisiensi pengereman yang akan dihitung melalui perlambatan dengan cara road test. Efisiensi rem terbesar dari penelitian ini terjadi pada saat pengereman yang dilakukan dengan variasi kedalaman alur ban lebih dari minimal standar dengan tekanan angin yang kurang dari standar. Efisiensi rem terkecil dari penelitian ini terjadi pada saat kedalaman alur ban kurang dari minimal standar dan tekanan angin yang lebih dari standar. Pengaruh kedalaman alur dan tekanan angin ban terhadap pengereman sama-sama berpengaruh signifikan pada jalan aspal dan cor beton, namun pada saat pengujian road test yang dilakukan. Pada Jalan aspal mendapatkan efisiensi pengereman yang lebih baik daripada jalan cor beton.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: alur ban, tekanan angin , road test, efisiensi rem
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 19.03.0624 19.03.0624
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:11
Last Modified: 16 Aug 2022 03:11
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/414

Actions (login required)

View Item View Item