EVALUASI LAJUR SEPEDA PADA KAWASAN ALUN-ALUN KOTA DI JALAN SILIWANGI KOTA CIREBON

NUGROHO, RIZKY REYNALDI (2025) EVALUASI LAJUR SEPEDA PADA KAWASAN ALUN-ALUN KOTA DI JALAN SILIWANGI KOTA CIREBON. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21013112_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21013112_SKRIPSI_BAB 1.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21013112_SKRIPSI_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21013112_SKRIPSI_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21013112_SKRIPSI_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21013112_SKRIPSI_BAB 5.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21013112_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan kendaraan bermotor yang tidak sebanding dengan penyediaan prasarana transportasi menjadi salah satu penyebab utama kemacetan lalu lintas di kawasan perkotaan, termasuk Kota Cirebon. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Pemerintah Kota Cirebon mulai mengembangkan transportasi berkelanjutan, salah satunya melalui penyediaan lajur khusus sepeda di kawasan Alun-Alun Kota, tepatnya di Jalan Siliwangi. Sepeda merupakan moda transportasi yang ramah lingkungan, efisien, dan ekonomis. Namun, kondisi eksisting lajur sepeda di kawasan ini masih belum optimal, ditandai dengan banyaknya pelanggaran penggunaan lajur oleh kendaraan bermotor, kurangnya fasilitas pendukung seperti rambu, penerangan jalan, dan parkir sepeda, serta lebar lajur dan kondisi permukaan jalan yang tidak sesuai standar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat pelayanan lajur khusus sepeda menggunakan metode Bicycle Level of Service (BLOS), menganalisis tingkat kepentingan dan kepuasan pengguna menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA), serta memberikan rekomendasi law enforcement untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pesepeda. Ruang lingkup penelitian dibatasi pada kawasan Alun-Alun Kota Cirebon, dengan penyebaran kuesioner kepada komunitas dan pengguna sepeda yang melintasi lajur sepeda di Jalan Siliwangi. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pemerintah daerah dalam pengambilan kebijakan pengembangan transportasi berkelanjutan serta meningkatkan kualitas pelayanan lajur sepeda di Jalan Siliwangi. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pemerintah daerah dalam pengembangan transportasi berkelanjutan serta meningkat kualitas pelayanan lajur khusus sepeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: lajur sepeda, BLOS, IPA, transportasi berkelanjutan.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21013112 21013112
Date Deposited: 26 Aug 2025 01:52
Last Modified: 26 Aug 2025 01:52
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4118

Actions (login required)

View Item View Item