KURNIASARI, MANIEK KAWAMEI (2025) ANALISA KENDARAAN TRUK CHASSIS PANJANG DAN CHASSIS PENDEK. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22033096-KKW_ABSTRAK.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
22033096-KKW_BAB 1.pdf Download (109kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
22033096-KKW_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
22033096-KKW_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
22033096-KKW_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (805kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
22033096-KKW_BAB 5.pdf Download (87kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22033096-KKW_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (707kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini menganalisis perbandingan kapasitas muatan dan hubungan antara panjang chassis dengan berat muatan pada kendaraan truk, khususnya antara varian chassis panjang dan chassis pendek. Latar belakang penelitian ini didasari oleh permasalahan Over Dimension Over Load pada angkatan barang yang berdampak negatif pada infrastruktur jalan, keselaman dan efisiensi oprasional. Pada penelitian ini dilakukan pada kendaraan chassis panjang dan chassis pendek dengan spesifikasi kendaraan yang sama antara lain, mesin dan berat total kendaraan yang sama. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data dimensi kendaraan dan berat kendaraan. Hasil analisis kapasitas muatan menunjukkan adanya variasi signifikan dalam berat mauatan bak yang dapat diangkut oleh kedua jenis chassis. Uji korelasi pearson menunjukkan nilai kolerasi (r) sebesar -0,439 antara panjang chassis dan kapasitas muatan, mengindikasikan hubungan negatif lemah. Analisis regresi linear sederhana menghasilkan kontanta (a) sebesar 6762,305 dan koefisien (b) untuk panjang chassis sebesar -338,223. Ini berarti bahwa setiap penambahan 1 mm pada panjang chassis akan menurunkan berat muatan yang dapat diangkut sebesar 338,223 kg. Temuan ini membuktikan bahwa meskipun chassis panjang menyediakan ruang muatan yang lebih besar, faktor – faktor seperti stabilitas dan desain struktural membatasi kapasitas muatan . Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif antara panjang chassis dan berat muatan yang dapat diangkut secara umum, pentingnya optimalisasi desain chassis dan kepatuhan terhadap batas muatan untuk mecegah ODOL, kerusakan jalan,dan kecelakaan. Saran di berikan kepada produsen untuk mengoptimalkan desain dan kepada penggunaan untuk mematuhi batas muatan yang diizinkan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Truk, chassis panjang, chassis pendek,kapasitas muatan, regresi linier. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22033096 22033096 |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:40 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:40 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4062 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |