BUDIYANTO, DAFFA RAMADHAN EKA (2025) RANCANG BANGUN ANIMASI 3D ZONA SELAMAT SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PENYULUHAN KESELAMATAN BERLALU LINTAS SISWA SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21013097_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21013097_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (164kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21013097_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21013097_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21013097_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21013097_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (191kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21013097_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan anak-anak sekolah dasar, terutama di sekitar lingkungan sekolah, menunjukkan kurangnya pemahaman terhadap keselamatan jalan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesadaran tersebut adalah dengan memberikan edukasi melalui media pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran berupa animasi 3D bertema Zona Selamat Sekolah (ZoSS) guna meningkatkan pemahaman siswa SD terhadap tata cara menyeberang jalan yang aman. Media ini diharapkan tidak hanya menyampaikan informasi, tetapi juga mampu menarik minat siswa untuk menerapkan perilaku berlalu lintas yang benar dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan pendekatan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah 37 siswa kelas 5 SD Kanggraksan yang dipilih secara purposive dari total populasi 58 siswa. Instrumen pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, kuesioner, serta pretest dan posttest. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan guru untuk memastikan kelayakan dan efektivitas media animasi yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa animasi 3D yang dikembangkan dinyatakan layak sebagai media penyuluhan berdasarkan hasil validasi dari para ahli. Uji efektivitas menggunakan pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa mengenai ZoSS, dengan perolehan skor N-Gain yang berada dalam kategori efektif. Dengan demikian, media ini dapat dijadikan sebagai alternatif edukasi yang menarik, interaktif, dan mudah dipahami untuk menanamkan nilai-nilai keselamatan lalu lintas sejak dini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Animasi 3D, Zona Selamat Sekolah (ZoSS), Keselamatan Lalu Lintas, Media Pembelajaran, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21013097 21013097 |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:38 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:38 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4055 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |