PUSANTORO, AUDY NASHRULLAH (2025) ANALISIS RISIKO POTENSI BAHAYA PADA PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DENGAN METODE HIRA DAN HAZOP STUDI KASUS DI UPUBKB KABUPATEN BLITAR. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
22033087-KKW-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
22033087-KKW-BAB_1.pdf Download (401kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
22033087-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (850kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
22033087-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (850kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
22033087-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
22033087-KKW-BAB_5.pdf Download (375kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
22033087-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (871kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi bahaya dan risiko kecelakaan kerja dalam proses pengujian kendaraan bermotor di Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) Kabupaten Blitar. Metode yang digunakan adalah HIRA (Hazard Identification and Risk Assessment) dan HAZOP (Hazard and Operability Study) untuk mengidentifikasi, menilai, dan mengendalikan risiko keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Latar belakang penelitian ini adalah masih tingginya potensi kecelakaan kerja dan gangguan kesehatan di lingkungan pengujian akibat kurang optimalnya penerapan K3 serta belum adanya sistem manajemen risiko yang terdokumentasi dengan baik. Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara terhadap petugas penguji kendaraan. Penilaian risiko dilakukan berdasarkan kombinasi tingkat kemungkinan (likelihood) dan tingkat keparahan(severity) bahaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat berbagai potensi bahaya pada tahapan pengujian kendaraan seperti paparan gas berbahaya dan panas knalpot (uji emisi), cedera mekanik (uji rem, side slip, speedometer), risiko kebisingan (uji klakson), risiko listrik (uji sistem kelistrikan), serta cedera ergonomis (pemeriksaan visual dan dimensi). Melalui analisis HIRA dan HAZOP, diperoleh tingkat risiko dari rendah hingga tinggi beserta rekomendasi pengendaliannya. Pendekatan gabungan ini diharapkan dapat meminimalkan risiko kecelakaan dan meningkatkan budaya kerja aman di lingkungan UPUBKB.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengujian Kendaraan Bermotor, UPUBKB Kabupaten Blitar, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Risiko Kecelakaan Kerja, Potensi Bahaya, Manajemen Risiko, HIRA, HAZOP, Likelihood, Severity. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 22033087 22033087 |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 01:27 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 01:27 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4043 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |