PRAYOGA, I KADEK DENDI (2022) DESAIN TATA LETAK (LAYOUT)PEMERIKSAAN PERSYARATAN TEKNIS DAN LAIK JALAN UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI WAKTU DAN KESELAMATAN KERJA (STUDI KASUS PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR KOTA DENPASAR). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
Text (ABSTRAK)
19.03.0587-KKW-ABSTRAK.pdf Download (557kB) |
|
Text (BAB 1)
19.03.0587-KKW-BAB_1.pdf Download (370kB) |
|
Text (BAB 2)
19.03.0587-KKW-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
19.03.0587-KKW-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
19.03.0587-KKW-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
19.03.0587-KKW-BAB_5.pdf Download (370kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
19.03.0587-KKW-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) | Request a copy |
Abstract
Transportasi merupakan sarana perpindahan orang dan barang, dengan perkembangan teknologi dibidang otomotif menyebabkan meningkatnya jumlah kendaraan di Indonesia. Menyikapi angka perkembangan kendaraan yang semakin meningkat tiap tahunnya, pemerintah melalui Kementrian Perhubungan sudah menetapkan aturan untuk memastikan keselamatan di bidang transportasi. Pengujian Kendaraan Bermotor diharapkan dapat menjamin keselamatan transportasi yang ada di indonesia. Antrian dalam melakukan pengujian akan berdampak pada penurunan kualitas pelayanan pemerintah yang diberikan kepada masyarakat. Tata Letak (Layout) Pengujian Kendaraan Bermotor menjadi faktor penting dalam penentuan pemberian pelayanan agar efektif dalam bekerja dan efisien terhadap waktu pemeriksaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui susukan tata letak yang ada pada UPT PKB Kota Denpasar, menganalisis waktu kegiatan dan pergerakan penguji serta membuat layout usulan untuk memenuhi efisiensi waktu dan keselamatan kerja. Metode dalam penulisan ini menggunakan time and motion study. Perhitungan waktu kegiatan dan pergerakan dari penguji digunakan untuk mendapatkan waktu yang efisien dan efektif. Motion study dan time study merupakan gerakan-gerakan yang dilakukan oleh pekerja untuk menyelesaikan pekerjaannya berdasarkan dengan perhitungan waktu, maka diperlukannya waktu setiap pengujian dan pergerakan penguji. Pergerakan usulan dapat memenuhi efisiensi waktu, dengan meningkatnya output kendaraan mencapai 25%. Penyebab meningkatnya output kendaraan disebabkan oleh penggabungan gerakan, yang dimana pemeriksaan pra uji menjadi 297 detik sedangkan sebelum adanya pergerakan usulan pemeriksaan pra uji mencapai 338 detik. Penempatan alat uji ditentukan terhadap waktu yang paling lama dikarenakan untuk menghindari penumpukan kendaraan di dalam gedung pengujian, namun tetap memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja, serta fungsi dari setiap alat uji. Kata kunci: Transportasi, Pengujian Kendaraan Bermotor, Tata Letak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Transportasi, Pengujian Kendaraan Bermotor, Tata Letak. |
Subjects: | T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif |
Depositing User: | 19.03.0587 19.03.0587 |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 06:42 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 06:42 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/404 |
Actions (login required)
View Item |