MANALU, YONATHAN DOMINGUES (2025) MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS PADA JALAN KH. ABUL HASAN, KOTA SAMARINDA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21013118-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (627kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
21013118-SKRIPSI-BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21013118-SKRIPSI-BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21013118-SKRIPSI-BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21013118-SKRIPSI-BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21013118-SKRIPSI-BAB 5.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
21013118-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Download (346kB) | Preview |
Abstract
Ruas Jalan K.H. Abul Hasan merupakan bagian dari jaringan jalan perkotaan di Kota Samarinda yang memiliki fungsi strategis sebagai koridor penghubung antara Kecamatan Samarinda Kota dan Kecamatan Samarinda Ulu. Dengan lebar sekitar 10 meter, jalan ini kerap mengalami kemacetan yang cukup signifikan akibat tingginya volume kendaraan dan adanya hambatan samping, seperti parkir di badan jalan serta aktivitas pejalan kaki dan kendaraan keluar masuk area pertokoan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja lalu lintas di Jalan K.H. Abul Hasan serta merancang strategi manajemen rekayasa lalu lintas yang tepat untuk meningkatkan kelancaran arus kendaraan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kondisi eksisting memiliki derajat kejenuhan 0,51, kecepatan tempuh 25 km/jam dengan waktu tempuh 0,020 jam dalam jarak 500 meter dan tingkat pelayanan jalan adalah E. Sebagai solusi, disusun beberapa rencana manajemen lalu-lintas yang dibagi menjadi 3 sekenario yaitu rancangan perubahan pada penerapan sistem satu arah untuk mengurangi konflik pergerakan kendaraan, penataan parkir di tepi jalan agar lebih tertib dan tidak mengganggu arus lalu lintas, serta pembatasan jenis kendaraan yang dapat melintas, khususnya untuk kendaraan sedang yang dinilai memperbesar hambatan. Dari ketiga skenario yang ada, skenario ketiga adalah skenario terbaik yanb dapat di terapkan pada ruas jalan KH Abul Hasan Kota Samarinda dengan derajat kejenuhan 0,25, kecepatan tempuh 55 km/jam dengan waktu tempuh 0,009 jam dalam jerak 500 meter. Strategi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja jalan dan mengurangi kemacetan di kawasan tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Rekayasa Lalu Lintas, Kinerja Jalan, Kemacetan, Jalan KH Abul Hasan. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21013118 21013118 |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 12:53 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 05:08 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |