EFEKTIVITAS KAMERA ETLE UNTUK MENGURANGI PELANGGARAN BATAS KECEPATAN DI JALAN TOL (STUDI KASUS KM 181 A RUAS JALAN TOL CIKOPO-PALIMANAN)

DARMINSYAH, MUHAMMAD RIZKI (2025) EFEKTIVITAS KAMERA ETLE UNTUK MENGURANGI PELANGGARAN BATAS KECEPATAN DI JALAN TOL (STUDI KASUS KM 181 A RUAS JALAN TOL CIKOPO-PALIMANAN). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21013079-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21013079-SKRIPSI-BAB 1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21013079-SKRIPSI-BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21013079-SKRIPSI-BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21013079-SKRIPSI-BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21013079-SKRIPSI-BAB 5.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21013079-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tingginya angka kecelakaan akibat pelanggaran batas kecepatan menjadikan keselamatan lalu lintas di jalan tol sebagai isu yang sangat penting. Meskipun aturan mengenai batas kecepatan telah diberlakukan, tingkat kepatuhan pengemudi masih tergolong rendah, terutama di titik rawan kecelakaan seperti KM 181 A pada ruas Tol Cikopo–Palimanan. Sejauh ini, sebagian besar penelitian lebih banyak menyoroti efektivitas rambu dan marka jalan dalam menekan pelanggaran, sementara kajian yang secara khusus meneliti efektivitas kamera ETLE masih terbatas. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi sejauh mana kamera ETLE efektif dalam menurunkan pelanggaran batas kecepatan di jalan tol, sekaligus mengobservasi persepsi pengemudi terhadap keberadaan kamera ETLE. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pemasangan kamera ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) dalam mengurangi pelanggaran batas kecepatan di jalan tol, dengan fokus pada titik rawan kecelakaan KM 181A di ruas Tol Cikopo-Palimanan. Kamera ETLE digunakan sebagai alat penegakan hukum berbasis teknologi untuk merekam dan menindak pelanggaran lalu lintas secara otomatis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen lapangan (pre-test dan post-test) menggunakan survei kecepatan sesaat (spot speed) dan kuesioner persepsi pengemudi. Sebanyak 300 sampel kecepatan kendaraan golongan 1 diambil sebelum dan sesudah melewati kamera ETLE. Analisis dilakukan dengan menghitung kecepatan persentil ke-85 dan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Selain itu, sebanyak 88 responden pengemudi diminta mengisi kuesioner untuk mengetahui persepsi mereka terhadap keberadaan kamera ETLE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecepatan kendaraan menurun secara signifikan setelah melewati kamera ETLE. Uji Wilcoxon membuktikan adanya perbedaan signifikan (signifikansi < 0,05) antara kecepatan sebelum dan sesudah. Mayoritas pengemudi juga menilai kamera ETLE positif karena meningkatkan kewaspadaan. Dengan demikian, kamera ETLE terbukti efektif mengurangi pelanggaran batas kecepatan dan didukung oleh pengguna jalan sebagai upaya meningkatkan keselamatan lalu lintas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kamera ETLE, batas kecepatan, kecepatan persentil ke-85, tol Cipali, efektivitas, persepsi pengemudi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21013079 21013079
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:57
Last Modified: 11 Aug 2025 02:57
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/4023

Actions (login required)

View Item View Item