PEMODELAN PARTIKULAT FILTER HONEYCOMB BAHAN MONEL TEHADAP EMISI, KONSUMSI BBM DAN PERFORMA MESIN DIESEL KONVENSIONAL

ARMANTARI, DANIEL ALWAN ZAKI (2025) PEMODELAN PARTIKULAT FILTER HONEYCOMB BAHAN MONEL TEHADAP EMISI, KONSUMSI BBM DAN PERFORMA MESIN DIESEL KONVENSIONAL. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
22033089-KKW-ABSTRAK.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
22033089-KKW-BAB I.pdf

Download (67kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
22033089-KKW-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
22033089-KKW-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
22033089-KKW-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V)
22033089-KKW-BAB V.pdf

Download (76kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
22033089-KKW-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi otomotif mendorong lahirnya inovasi ramah lingkungan, salah satunya melalui penerapan Diesel Particulate Filter untuk menekan pencemaran udara dari kendaraan bermesin diesel. Penelitian ini memfokuskan pada perancangan serta pengujian Diesel Particulate Filter tipe honeycomb berbahan dasar monel terhadap kadar emisi gas buang (opasitas), tingkat konsumsi bahan bakar, dan performa mesin kendaraan Mitsubishi L300 tahun pembuatan 2013. Pendekatan penelitian menggunakan metode eksperimental dengan variasi massa glasswool sebesar 0, 50, 100, dan 150 gram sebagai material penyaring partikulat. Proses pengujian mencakup pengukuran opasitas menggunakan alat Smoke Tester, pengujian konsumsi bahan bakar melalui metode tabung ukur dan stopwatch pada kecepatan 100km/jam selama 20 detik menggunakan dynotest, serta pengujian daya dan torsi mesin menggunakan alat dynotest pada berbagai putaran mesin. Hasil menunjukkan penggunaan Diesel Particulate Filter dengan massa glasswool 150 gram memberikan penurunan opasitas hingga 64,8%. Efisiensi bahan bakar meningkat dengan penurunan volume pemakaian sebesar 57%. Penurunan daya maksimum tercatat sebesar 2,1%, sedangkan torsi menurun sebesar 0,6% dibandingkan dengan kondisi tanpa Diesel Particulate Filter. Penggunaan Diesel Particulate Filter berbahan monel terbukti mampu menurunkan emisi gas buang secara signifikan tanpa memberikan dampak besar terhadap performa mesin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Diesel Particulate Filter, Honeycomb, Emisi Gas Buang, Konsumsi Bahan Bakar, Performa Mesin
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Teknologi Otomotif > Teknologi Otomotif
Depositing User: 22033089 22033089
Date Deposited: 07 Aug 2025 03:57
Last Modified: 07 Aug 2025 03:57
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3992

Actions (login required)

View Item View Item