ANALISIS DAN STRATEGI PENANGANAN LOKASI RAWAN KECELAKAAN DI KABUPATEN SLEMAN (STUDI KASUS: RUAS JALAN KALIURANG)

HALIM, MUHAMMAD FARID (2025) ANALISIS DAN STRATEGI PENANGANAN LOKASI RAWAN KECELAKAAN DI KABUPATEN SLEMAN (STUDI KASUS: RUAS JALAN KALIURANG). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21011049-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21011049-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21011049-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21011049-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21011049-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21011049-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21011049-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyumbang tertinggi angka kematian di Indonesia. Ruas Jalan Kaliurang di Kabupaten Sleman menjadi salah satu lokasi yang memiliki tingkat kecelakaan cukup tinggi akibat berbagai faktor seperti kecepatan kendaraan yang tinggi, kurangnya perlengkapan jalan, serta hambatan samping yang padat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lokasi rawan kecelakaan dan merumuskan strategi penanganannya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif melalui pengumpulan data primer berupa survei inventaris jalan, survei kecepatan, hambatan samping, dan wawancara. Data sekunder berupa data kecelakaan, kondisi jalan dan jaringan jalan. Analisis dilakukan dengan metode Equivalent Accident Number (EAN) untuk menentukan lokasi rawan kecelakaan, dilanjutkan dengan metode Upper Control Limit (UCL) dan Batas Kontrol Atas (BKA) untuk menentukan batas kritis. Selanjutnya, strategi penanganan dirumuskan menggunakan metode SWOT. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa titik pada ruas Jalan Kaliurang yang masuk kategori lokasi rawan kecelakaan, dengan faktor dominan meliputi kurangnya perlengkapan jalan, tingginya hambatan samping, dan kecepatan kendaraan. Rekomendasi penanganan meliputi pemasangan perlengkapan jalan yang memadai, pengendalian hambatan samping, serta penerapan manajemen kecepatan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam peningkatan keselamatan lalu lintas di daerah penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kecelakaan lalu lintas, lokasi rawan kecelakaan, EAN, SWOT
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21011049 21011049
Date Deposited: 06 Aug 2025 07:03
Last Modified: 06 Aug 2025 07:03
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3955

Actions (login required)

View Item View Item