FITRA, AFNI ZATTIN (2025) ANALISIS PENGARUH PRASARANA JALAN TERHADAP KEJADIAN KECELAKAAN PADA RUAS JALAN ANTAR KOTA DENGAN METODE CRASH MODIFICATION FACTORS (CMF). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21013061-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21013061-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (399kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21013061-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21013061-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (745kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21013061-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21013061-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (404kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21013061-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kecelakaan lalu lintas merupakan permasalahan utama pada ruas jalan antar kota, khususnya di jalan dengan volume kendaraan tinggi dan prasarana yang belum memenuhi standar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh prasarana jalan terhadap tingkat kecelakaan di ruas Jalan Ngawi – Mantingan sepanjang 32 km dengan pendekatan Crash Modification Factors (CMF). Metode ini digunakan untuk mengevaluasi dan memprediksi frekuensi kecelakaan berdasarkan perubahan kondisi prasarana jalan. Data yang digunakan meliputi data kecelakaan tahun 2022-2024 yang diperoleh dari Polres Kabupaten Ngawi, data volume lalu lintas harian rata-rata yang diperoleh dari Dinas Perhubungan Kabupaten Ngawi dan data survei prasarana jalan sepanjang ruas jalan Ngawi – Mantingan. Evaluasi efektivitas keselamatan menunjukkan seluruh segmen memiliki nilai negatif, yang berarti prasarana tersebut tidak menurunkan frekuensi kecelakaan. Pemodelan prediksi kecelakaan menggunakan metode Negative Binomial Regression (NBR) mengidentifikasi bahu jalan dan penerangan sebagai faktor paling berpengaruh terhadap kecelakaan untuk tipe jalan 2/2 TT maupun 4/2 TT. Model untuk tipe 2/2 TT dirumuskan sebagai Y = exp (–90,695 + 100.234x₁ – 5,207x₂), dan untuk tipe 4/2 TT sebagai Y = exp (163,584 – 69,315x₁ – 91,161x₂). Hasil validasi menggunakan Mean Absolute Presentage Error (MAPE) menunjukkan bahwa tingkat akurasi model pada tipe jalan 2/2 TT mencapai 99,85% dan pada tipe 4/2 TT sebesar 99,68%. Hasil ini menunjukkan bahwa model memiliki performa prediktif yang sangat baik dan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | highway safety manual, kecelakaan lalu lintas, crash modification factors, prasarana jalan, prediksi kecelakaan |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21013061 21013061 |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 04:43 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 04:43 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3913 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |