ANALISIS PENGARUH PRASARANA JALAN TERHADAP KEJADIAN KECELAKAAN PADA RUAS JALAN ANTAR KOTA DENGAN METODE CRASH MODIFICATION FACTORS (CMF)

FITRA, AFNI ZATTIN (2025) ANALISIS PENGARUH PRASARANA JALAN TERHADAP KEJADIAN KECELAKAAN PADA RUAS JALAN ANTAR KOTA DENGAN METODE CRASH MODIFICATION FACTORS (CMF). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21013061-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21013061-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21013061-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21013061-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21013061-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21013061-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21013061-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan permasalahan utama pada ruas jalan antar kota, khususnya di jalan dengan volume kendaraan tinggi dan prasarana yang belum memenuhi standar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh prasarana jalan terhadap tingkat kecelakaan di ruas Jalan Ngawi – Mantingan sepanjang 32 km dengan pendekatan Crash Modification Factors (CMF). Metode ini digunakan untuk mengevaluasi dan memprediksi frekuensi kecelakaan berdasarkan perubahan kondisi prasarana jalan. Data yang digunakan meliputi data kecelakaan tahun 2022-2024 yang diperoleh dari Polres Kabupaten Ngawi, data volume lalu lintas harian rata-rata yang diperoleh dari Dinas Perhubungan Kabupaten Ngawi dan data survei prasarana jalan sepanjang ruas jalan Ngawi – Mantingan. Evaluasi efektivitas keselamatan menunjukkan seluruh segmen memiliki nilai negatif, yang berarti prasarana tersebut tidak menurunkan frekuensi kecelakaan. Pemodelan prediksi kecelakaan menggunakan metode Negative Binomial Regression (NBR) mengidentifikasi bahu jalan dan penerangan sebagai faktor paling berpengaruh terhadap kecelakaan untuk tipe jalan 2/2 TT maupun 4/2 TT. Model untuk tipe 2/2 TT dirumuskan sebagai Y = exp (–90,695 + 100.234x₁ – 5,207x₂), dan untuk tipe 4/2 TT sebagai Y = exp (163,584 – 69,315x₁ – 91,161x₂). Hasil validasi menggunakan Mean Absolute Presentage Error (MAPE) menunjukkan bahwa tingkat akurasi model pada tipe jalan 2/2 TT mencapai 99,85% dan pada tipe 4/2 TT sebesar 99,68%. Hasil ini menunjukkan bahwa model memiliki performa prediktif yang sangat baik dan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: highway safety manual, kecelakaan lalu lintas, crash modification factors, prasarana jalan, prediksi kecelakaan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21013061 21013061
Date Deposited: 05 Aug 2025 04:43
Last Modified: 05 Aug 2025 04:43
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3913

Actions (login required)

View Item View Item