ROHMA, MIRZA AYU NUR (2025) PERENCANAAN PENYEDIAAN RUANG PARKIR DI KAWASAN PUSAT KEGIATAN JALAN AHMAD YANI KABUPATEN NGAWI. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21011015-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21011015-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (171kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21011015-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21011015-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21011015-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21011015-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (170kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21011015-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Jalan Ahmad Yani Kabupaten Ngawi merupakan salah satu ruas jalan kolektor primer yang memiliki tingkat aktivitas lalu lintas tinggi karena berfungsi menghubungkan pusat pemerintahan, perdagangan, dan fasilitas umum. Keterbatasan lahan parkir off street menyebabkan banyak kendaraan parkir di badan jalan (on street parking), sehingga mengurangi lebar efektif jalan dari 10 meter menjadi 6,6 meter. Kondisi ini berdampak pada penurunan kapasitas jalan, peningkatan derajaat kejenuhan, serta menurunnya tingkat pelayanan jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja eksisting ruas jalan, kebutuhan ruang parkir berdasarkan Satuan Ruang Parkir (SRP), serta memberikan rekomendasi penataan sudut parkir yang optimal. Data primer dikumpulkan melalui survei volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, geometrik jalan, dan karakteristik parkir, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Hasil analisis menunjukkan bahwa kondisi eksisting memiliki derajat kejenuhan sebesar 0,75 dengan tingkat pelayanan D. Perencanaan penyediaan ruang parkir dengan mengubah sudut parkir dari 0˚ menjadi 60˚ untuk mobil dan 90˚ untuk sepeda motor sehingga dapat menurunkan derajat kejenuhan menjadi 0,43 serta meningkatkan tingkat pelayanan menjadi B. Saran tambahan meliputi pengaturan yang lebih baik dari Pemerintah seperti pemasangan rambu dan pengarahan untuk tempat parkir yang benar, serta pengawasan dan pengaturan waktu parkir. Dengan penerapan strategi ini, diharapkan kinerja jalan dapat ditingkatkan, kemacetan berkurang, serta kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Jalan, Parkir On Street, Derajat Kejenuhan, Penataan Parkir |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21011015 21011015 |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 04:58 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 04:58 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3912 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |