RAHMATULLOH, REA ALIF (2025) ANALISIS KESELAMATAN JALAN PADA JALAN TURUNAN KRETEK PAGUYANGAN. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21013084_SKRIPSI_ABSTRAK.pdf Download (940kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21013084_SKRIPSI_BAB 1.pdf Download (143kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21013084_SKRIPSI_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (573kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21013084_SKRIPSI_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (355kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21013084_SKRIPSI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21013084_SKRIPSI_BAB 5.pdf Download (144kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21013084_SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Jalan Kretek Paguyangan merupakan salah satu ruas jalan nasional di Kabupaten Brebes yang memiliki karakteristik jalan menurun. Kondisi ini menyebabkan risiko kecelakaan yang tinggi, terlebih dengan tingginya volume kendaraan berat dan terbatasnya fasilitas keselamatan jalan seperti marka, rambu, dan guardrail. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi eksisting jalan, mengidentifikasi potensi bahaya (hazard), serta memberikan rekomendasi penanganan guna meningkatkan keselamatan lalu lintas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi survei lapangan, analisis geometri jalan, pengamatan fasilitas perlengkapan jalan, serta penerapan metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment and Risk Control). Hasil penelitian didapatkan hasil Kategori Tidak Berbahaya (TB) dengan nilai risiko <125 mencakup 3 segmen (Segmen 12, 13, dan 18), Kategori Cukup Berbahaya (CB) sebanyak 10 segmen (Segmen 1, 3, 4, 10, 15, 16, 17, 20, 21, dan 25), Kategori Berbahaya (B) dengan nilai risiko antara 251–375 terdiri dari 5 segmen (Segmen 9, 19, 23, 24, dan 25), Kategori Sangat Berbahaya (SB) dengan nilai risiko >375 mencakup 8 segmen (Segmen 2, 5, 6, 7, 8, 11, 14, dan 26) dan diperoleh bahwa Segmen 8 merupakan segmen dengan total nilai risiko tertinggi, yaitu sebesar 770, sehingga dikategorikan sebagai Sangat Berbahaya (SB). Berdasarkan hasil identifikasi hazard, penelitian ini menyusun tiga rekomendasi penanganan. Rekomendasi yang diberikan mencakup penambahan rambu lalu lintas, pemasangan marka jalan, penambahan alat penerangan jalan umum (PJU), serta penambahan water barrier, area putar balik (U-turn) dan rumble strip. Implementasi rekomendasi penanganan ini diharapkan mampu mengurangi risiko kecelakaan serta meningkatkan keselamatan pengguna jalan di ruas jalan turunan Kretek Paguyangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keselamatan Jalan, Jalan Menurun, Hazard, HIRARC, Kretek Paguyangan. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21013084 21013084 |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 01:38 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 01:38 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |