RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL DAN PEMANTAUAN PERILAKU PENGEMUDI BERBASIS IOT UNTUK MENINGKATKAN KESELAMATAN BERKENDARA

ADHIM, FAZA ASFARIN AJRUN (2025) RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL DAN PEMANTAUAN PERILAKU PENGEMUDI BERBASIS IOT UNTUK MENINGKATKAN KESELAMATAN BERKENDARA. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21021038-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21021038-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21021038-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21021038-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21021038-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21021038-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21021038-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy

Abstract

Tingginya angka kecelakaan lalu lintas akibat pelanggaran kecepatan, jarak aman, dan perilaku mengemudi zigzag mendorong perlunya sistem yang mampu memantau dan mengintervensi perilaku pengemudi secara otomatis. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sistem kontrol dan pemantauan berbasis IoT yang tidak hanya mendeteksi pelanggaran seperti overspeed, jarak terlalu dekat, dan manuver zigzag yang berisiko, tetapi juga mampu memberikan intervensi langsung terhadap laju kendaraan. Sistem ini menggunakan Arduino Mega dan ESP32 dengan sensor GPS, LiDAR, serta MPU6050 untuk mendeteksi sudut kemiringan dan manuver zigzag. Output Digital Analog Converter (DAC) digunakan untuk membatasi tegangan pedal akselerator saat pelanggaran berulang terdeteksi. Evaluasi sistem dilakukan melalui serangkaian pengujian untuk mengukur akurasi sensor, keandalan komunikasi IoT, serta efektivitas mekanisme intervensi kecepatan. Hasil menunjukkan tingkat keberhasilan 100% pada intervensi kecepatan, akurasi sensor yang baik, serta notifikasi IoT yang berhasil terkirim dalam waktu rata-rata 5,9 detik. Sistem terbukti efektif dan layak diterapkan sebagai solusi peningkatan keselamatan berkendara berbasis teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keselamatan Berkendara, Internet of Things (IoT), Kecepatan Berlebih, Zigzag, Intervensi Kecepatan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif
Depositing User: 21021038 21021038
Date Deposited: 05 Aug 2025 01:47
Last Modified: 05 Aug 2025 01:47
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3908

Actions (login required)

View Item View Item