RANCANG BANGUN E-LEARNING BIMBINGAN TEKNIS SADAR LALU LINTAS USIA DINI MENGGUNAKAN MOODLE

PRAMESTI, MEISYA NIRA (2025) RANCANG BANGUN E-LEARNING BIMBINGAN TEKNIS SADAR LALU LINTAS USIA DINI MENGGUNAKAN MOODLE. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21013074-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21013074-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21013074-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21013074-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21013074-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21013074-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21013074-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sadar lalu lintas usia dini merupakan upaya menanamkan pemahaman keselamatan berlalu lintas sejak anak-anak untuk membentuk karakter tertib berlalu lintas di masa depan. Bimbingan teknis sadar lalu lintas usia dini bertujuan meningkatkan kemampuan guru TK/RA dan petugas Dinas Perhubungan dalam menyampaikan materi keselamatan berlalu lintas kepada peserta didik. Metode bimtek secara luring memiliki keterbatasan dalam hal akses, waktu, dan biaya, sehingga dibutuhkan solusi berbasis teknologi. E-learning menjadi salah satu alternatif yang efektif untuk mengatasi keterbatasan tersebut. Tujuan dari penelitian untuk merancang dan membangun e-learning menggunakan platform moodle yang menyajikan materi sadar lalu lintas usia dini secara terstruktur dan interaktif. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Seubjek penelitian terdiri dari guru TK/RA dan petugas Dinas Perhubungan Kota Tangerang, dengan jumlah sampel sebanyak 67 responden yang ditentukan menggunakan metode Slovin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-learning berbasis moodle mampu meningkatkan pemahaman peserta terhadap materi sadar lalu lintas usia dini. Skor System Usability Scale (SUS) yang diperoleh menunjukkan bahwa e-learning tersebut sangat layak digunakan. E-learning tersebut dinilai efektif dalam mendukung pelaksanaan bimbingan teknis yang lebih fleksibel, efisien, dan mudah diakses.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rancang Bangun, E-learning, Moodle, Lalu Lintas, Usia Dini.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21013074 21013074
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:16
Last Modified: 01 Aug 2025 03:16
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3872

Actions (login required)

View Item View Item