MEILAOZY, ANGGI JOKO (2025) ANALISIS EFISIENSI REM DENGAN PEMANFAATAN SERBUK CANGKANG KEONG MAS DAN SERAT KULIT DURIAN SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN KAMPAS REM TROMOL PADA SEPEDA MOTOR NON - ASBESTOS. Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21023064-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21023064-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (204kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21023064-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (764kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21023064-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (877kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21023064-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21023064-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (192kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21023064-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Sistem rem berperan penting dalam kendaraan untuk mencegah masalah yang berpotensi mencederai pengemudi dan orang di sekitarnya. Bahan untuk bantalan rem, harus disesuaikan dengan regulasi pemerintah. Bahan yang dipergunakan untuk pembuatan bantalan rem haruslah bersifat ramah lingkungan. Bantalan rem yang mengandung asbes dapat melepaskan zat berbahaya selama operasi sehingga perlu dilakukan penelitian untuk pengembangan bahan baru yang ramah lingkungan sebagai alternatif untuk penggunaan bantalan rem. Bahan komposit dapat menjadi alternatif pengganti bantalan rem asbes. Kulit durian dapat digunakan sebagai bahan komposit. Bahan lain yang dapat digunakan sebagai komposit selain kulit durian adalah cangkan keong mas. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah eksperimen, terdapat beberapa tahapan untuk mengelola bahan serbuk cangkang keong mas dan serat kulit durian untuk dijadikan sebuah produk kampas rem yaitu seperti menyiapkan bahan, alat, proses pencetakan, proses pembuatan, proses pembentukan, dilanjut dengan proses uji yang harus dilakukan untuk mengetahui apakah bahan komposit yang telah dibuat dengan komposisi yang telah ditentukan sudah sesuai dengan standar SAE J661. Uji yang dilakukan terkait dengan uji massa jenis, uji kekerasan, uji keausan, uji bending, uji ketahanan panas, dan uji jarak pengereman. Hasil penelitian yang dilakukan, massa jenis dengan nilai terbaik yaitu 2,3 gr/cm3 dengan nilai void yaitu 1.33%. Nilai rata-rata kekerasan vickers tertinggi yaitu 35,69 HV. Nilai keausan terendah dengan nilai 0,37 x 10-6 mm2/kg. Nilai hasil uji bending terbaik yaitu 1484 N/cm², hasil uji kepanasan terbaik pada ketahanan panas yaitu tidak ada keretakan pada spesimen mengalami perubahan warna menjadi coklat kehitaman/gosong. Nilai perlambatan paling baik yaitu 8,23 m/s² dan nilai efisiensinya yaitu 82,3%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kampas Rem, Cangkan Keong Mas, Serat Kulit Durian, Non Asbestos |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Teknologi Rekayasa Otomotif > Teknologi Rekayasa Otomotif |
Depositing User: | 21023064 21023064 |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 00:23 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 00:23 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3870 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |