APRIADI, OCTAVIANA (2025) ANALISIS FAKTOR KELELAHAN PENGEMUDI ANGKUTAN PEMADU MODA (STUDI KASUS PENGEMUDI BUS PT X CABANG BANDARA SOEKARNO - HATTA). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.
|
Text (ABSTRAK)
21013110-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
21013110-SKRIPSI-BAB_1.pdf Download (112kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 2)
21013110-SKRIPSI-BAB_2.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 3)
21013110-SKRIPSI-BAB_3.pdf Restricted to Registered users only Download (919kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB 4)
21013110-SKRIPSI-BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
21013110-SKRIPSI-BAB_5.pdf Download (129kB) | Preview |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
21013110-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kelelahan pengemudi merupakan salah satu faktor utama penyebab kecelakaan pada angkutan umum, hal ini dapat berpengaruh pada keselamatan transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan kelelahan kerja pengemudi bus PT X Cabang Bandara Soekarno-Hatta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Data dikumpulkan melalui kuesioner Industrial Fatigue Research Commite (IFRC) terhadap 80 pengemudi yang didapatkan dengan rumus slovin untuk menentukan analisis univariat dan bivariat dengan variabel yang diteliti meliputi faktor individu (usia, kondisi kesehatan, dan kuantitas tidur) serta faktor pekerjaan (durasi kerja, waktu istirahat, dan masa kerja) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengemudi mengalami kelelahan kerja tingkat sedang (62,5%). Analisis bivariat menunjukkan bahwa usia (p = 0,013), kondisi kesehatan (p = 0,013), kuantitas tidur (p = 0,015), durasi kerja (p = 0,002), dan masa kerja (p = 0,000) memiliki hubungan signifikan dengan kelelahan kerja. Sebaliknya variabel waktu istirahat (p = 0,278) tidak terdapat hubungan signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa kelelahan kerja pengemudi dipengaruhi oleh faktor individu dan faktor pekerjaan. Oleh karena itu, temuan ini mengindikasikan pentingnya intervensi manajemen seperti pembatasan jam kerja, penyediaan fasilitas istirahat yang memadai, dan pemeriksaan kesehatan berkala bagi pengemudi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kelelahan kerja, pengemudi bus, angkutan pemadu moda, faktor individu, faktor pekerjaan |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan |
Depositing User: | 21013110 21013110 |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 00:20 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 00:20 |
URI: | http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3869 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |