ANALISIS FAKTOR KELELAHAN PENGEMUDI ANGKUTAN PEMADU MODA (STUDI KASUS PENGEMUDI BUS PT X CABANG BANDARA SOEKARNO - HATTA)

APRIADI, OCTAVIANA (2025) ANALISIS FAKTOR KELELAHAN PENGEMUDI ANGKUTAN PEMADU MODA (STUDI KASUS PENGEMUDI BUS PT X CABANG BANDARA SOEKARNO - HATTA). Diploma thesis, POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
21013110-SKRIPSI-ABSTRAK.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
21013110-SKRIPSI-BAB_1.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
21013110-SKRIPSI-BAB_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
21013110-SKRIPSI-BAB_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
21013110-SKRIPSI-BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 5)
21013110-SKRIPSI-BAB_5.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
21013110-SKRIPSI-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kelelahan pengemudi merupakan salah satu faktor utama penyebab kecelakaan pada angkutan umum, hal ini dapat berpengaruh pada keselamatan transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan kelelahan kerja pengemudi bus PT X Cabang Bandara Soekarno-Hatta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross-sectional. Data dikumpulkan melalui kuesioner Industrial Fatigue Research Commite (IFRC) terhadap 80 pengemudi yang didapatkan dengan rumus slovin untuk menentukan analisis univariat dan bivariat dengan variabel yang diteliti meliputi faktor individu (usia, kondisi kesehatan, dan kuantitas tidur) serta faktor pekerjaan (durasi kerja, waktu istirahat, dan masa kerja) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pengemudi mengalami kelelahan kerja tingkat sedang (62,5%). Analisis bivariat menunjukkan bahwa usia (p = 0,013), kondisi kesehatan (p = 0,013), kuantitas tidur (p = 0,015), durasi kerja (p = 0,002), dan masa kerja (p = 0,000) memiliki hubungan signifikan dengan kelelahan kerja. Sebaliknya variabel waktu istirahat (p = 0,278) tidak terdapat hubungan signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa kelelahan kerja pengemudi dipengaruhi oleh faktor individu dan faktor pekerjaan. Oleh karena itu, temuan ini mengindikasikan pentingnya intervensi manajemen seperti pembatasan jam kerja, penyediaan fasilitas istirahat yang memadai, dan pemeriksaan kesehatan berkala bagi pengemudi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: kelelahan kerja, pengemudi bus, angkutan pemadu moda, faktor individu, faktor pekerjaan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Rekayasa Sistem Transportasi Jalan > Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
Depositing User: 21013110 21013110
Date Deposited: 01 Aug 2025 00:20
Last Modified: 01 Aug 2025 00:20
URI: http://eprints.pktj.ac.id/id/eprint/3869

Actions (login required)

View Item View Item